Keraton Yogyakarta Tak Kasih Izin, Acara Muslim United Pindah Lokasi

Muslim United
Sumber :

VIVA – Tak mendapatkan izin menggunakan Masjid Gedhe Kauman dari Keraton Yogyakarta, panitia Muslim United akhirnya memindahkan acara ke Masjid Jogokariyan. Pemindahan lokasi acara Muslim United ini dilakukan pada Sabtu, 12 Oktober 2019.

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan, Ustaz Jazir membenarkan kepindahan tempat penyelenggaraan Muslim United dari Masjid Gedhe Kauman ke Masjid Jogokariyan. Jazir menerangkan pemindahan tempat acara Muslim United ini dilakukan usai pihak panitia berdialog dengan Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri.

Jazir menerangkan pertemuan antara panitia dengan Kapolda DIY ini dilakukan Jumat, 11 Oktober 2019 malam. Dalam dialog tersebut, Kapolda DIY mempertanyakan masalah tidak adanya izin dari Keraton Yogyakarta selaku pemilik Masjid Gedhe Kauman.

Terharu! Ivan Gunawan Resmikan Sebuah Masjid di Uganda, Ucapkan Rasa Syukur kepada Tuhan

"Kapolda mengatakan ‘apakah (Muslim United) tetap akan jalan, meskipun pemilik tempat (Keraton Yogyakarta) tidak mengizinkan?’ Kalau polisi tidak akan mengambil tindakan karena Ngarso Dalem (Sri Sultan HB X) tidak menginginkannya," ujar Jazir menirukan ucapan Kapolda DIY dilansir dari VIVAnews, Minggu 13 Oktober 2019.

Jazir menyebut dalam dialog tersebut Kapolda DIY memberikan nasihat dan mengingatkan panitia tentang menjunjung akhlak. Hal tersebut berkaitan dengan tak adanya izin dari pemilik tempat, namun panitia tetap menggelar acara.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

"Ya akhlaknya saja bagaimana wong tidak diizinkan kok nekat," kata Jazir.

Jazir menerangkan dalam pertemuan itu, akhirnya pihak panitia Muslim United menerima masukan dan nasihat dari Kapolda DIY. Panitia kemudian memutuskan memindahkan penyelenggaraan acara.

Jazir menambahkan dari berbagai opsi tempat akhirnya panitia memutuskan memindahkan acara Muslim United ke Masjid Jogokariyan. Pemilihan Masjid Jogokariyan ini karena dianggap paling siap untuk memindahkan acara secara mendadak.

"Otomatis (semua tenda tenant acara Muslim United di Masjid Gedhe Kauman dipindahkan). Karena kan tidak diberi izin oleh yang punya lahan. Ada beberapa alternatif tetapi kelihatannya yang paling siap dari aspek tempat dan SDM-nya ya Jogokariyan. Akhirnya diputuskan pindah ke Jogokariyan," kata Jazir.

Acara Muslim United sendiri digelar sejak Jumat, 11 Oktober 2019 hingga Minggu, 13 Oktober 2019. Penyelenggaraan Muslim United sempat digelar di Masjid Gedhe Kauman pada Jumat, 11 Oktober 2019 sebelum akhirnya dipindahkan ke Masjid Jogokariyan pada Sabtu, 12 Oktober 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya