Pangandaran Diguncang Gempa Hingga ke Cilacap

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyebutkan, telah terjadi gempa bumi teknonik dengan kekuatan 4.8 Magnitudo yang mengguncang wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis, 31 Oktober 2019, pada pukul 08.56 WIB.

Heboh Kondom Berserakan di RTH Tubagus Angke, Polisi Gencarkan Patroli

"Dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 8.23 LS - 108.25 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 64 km Barat Daya, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dengan kedalaman 25 kilometer," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho di Jakarta dilansir dari VIVAnews.

Ia menjelaskan ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas gempa bumi di intraslab Lempeng Eurasia?.

Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Makanan Berserat

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Cilacap dengan Skala Intensitas II MMI,  Ciamis, Tasikmalaya, Banjar dengan skala I-II MMI, Pangandaran dengan Skala Intensitas II - III MMI. 

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," ujarnya.

Beredar Info Pulau Tagulandang Tenggelam akibat Erupsi Gunung Ruang, Begini Kata Badan Geologi

Sejauh ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Maka, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado Kembali Dibuka.

137 Pesawat Batal Terbang Imbas Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Akhirnya Kembali Dibuka

Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado, Sulawesi Utara, resmi dibuka kembali hari ini, Minggu, 5 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024