Salah Dengar Arahan Petugas ATC, Dua Pesawat Garuda Nyaris Tabrakan

Maskapai Garuda Indonesia.
Sumber :

VIVA – Kejadian fatal ini seharusnya tidak boleh terjadi. Diduga salah mendengar arahan dari petugas Air Traffic Controller (ATC), dua pesawat Garuda Indonesia terlihat saling berhadapan.

Bandara Soetta Terapkan Standar Tinggi dalam Layanan Haji 2024, Tambah Toilet Portable

Pesawat itu adalah pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan masing-masing, GA649 (PK-GMH) rute Ternate (TTE) - Bandara Soetta (CGK). Dan pesawat GA246 dengan registrasi PK-GRR rute Bandara Soetta (CGK) - Banyuwangi (BWX).

Kedua pesawat itu saling berhadapan di salah satu jalan penghubung, antara landas pacu dengan apron atau taxiway di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Peristiwa fatal ini terjadi pada Kamis, 12 Desember 2019.

Garuda Indonesia Tebar Diskon Tiket hingga Siapkan Extra Flight Libur Panjang Isa Almasih

Pesawat Garuda Indonesia

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno-Hatta, Herson, membenarkan insiden tersebut. Ia menjelaskan, saat itu pesawat GA649 dari Ternate baru saja mendarat (landing) di Bandara Soetta. Sedangkan GA246 hendak menuju landas pacu (Runway) untuk take off.

Libur Panjang Kenaikan Isa Al-Masih, 150 Ribu Penumpang Padati Bandara Soetta

Bagaiman kesalahan fatal ini bisa terjadi. Anda yang ingin melihat bagaimana ini terjadi, dapat masuk ke laman VIVAnews untuk melihat videonya.

Pesawat Boeing 737 di Senegal (Doc: CNA)

Pesawat Boeing 737 Terbakar di Senegal, 10 Orang Luka-luka

Pesawat Boeing 737 yang membawa 85 orang penumpang tergelincir di landasan sebelum lepas landas di bandara Dakar, ibu kota Senegal. Akibatnya 10 orang mengalami luka-luka

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024