Banjir Jakarta, Jokowi Sebut Karena Rusaknya Ekosistem

Banjir Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut penyebab banjir yang terjadi di wilayah Jabodetabek terjadi lantaran kerusakan ekosistem dan kerusakan ekologi.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Tak hanya itu, dia mengatakan perilaku masyarakat yang suka buang sampah sembarangan juga merupakan penyebab dari banjir yang terjadi awal tahun ini.

"Karena ada yang disebabkan oleh kerusakan ekosistem kerusakan ekologi yang ada. Tapi, juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana, banyak hal," kata Jokowi di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis 2 Januari 2020.
 
Jokowi menekankan bahwa penanganan banjir ini harus dikerjakan bersama-sama mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota hingga Kabupaten. Sehingga, dia yakin persoalan ini bisa tertangani dengan baik.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

"Tapi yang paling penting pada saat kejadian seperti yang sekarang ini, adalah evakuasi korban banjir. Keselamatan dan keamanan masyarakat harus didahulukan," ujarnya. 

Setelah itulah, menurutnya penanganan secara komprehensif khususnya infrastruktur akan dibereskan. "Urusan penanganan banjir secara infrastrukturnya akan kita bicarakan setelah penanganan evakuasi selesai," kata dia.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Untuk diketahui pada pergantian tahun dari 2019 ke 2020, hujan deras mengguyur wilayah ibu kota dan sekitarnya. Banjir pun tak terelakkan dan merendam permukiman warga. Bahkan, musibah ini menelan beberapa korban jiwa dan tentunya menimbulkan kerugian materil bagi masyarakat. 
 

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Gibran membantah pernyataan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang menyebutkan Presiden Jokowi dan dirinya sudah masuk ke Golkar

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024