Kasus Positif COVID-19 di Sumut Jadi 273

Masker untuk antisipasi virus corona covid-19.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan  (GTPP) COVid-19 Sumatera Utara mengungkap, pasien positif mengalami peningkatkan. Data per Kamis, 21 Mei 2020, pasien postif corona bertambah sebanyak 23 orang dengan total 273 orang. Sedangkan, hari sebelumnya berjumlah 250 pasien.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

"Pasien positif hari ini, bertambah 23 orang menjadi 273 orang," ungkap Juru Bicara GTPP Covid-19 Sumut, Mayor Kes dr Whiko Irwan,, Kamis, 21 Mei 2020.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP), Whiko mengungkapkan mengalami penurunan dari 196 orang menjadi 193 pasien.? Seluruh pasien itu, tengah menjalani perawat di rumah sakit rujukan COVID-19 di Sumut ini.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

"Jumlah pasien sembuh sebanyak 87 orang atau meningkat 10 orang dibandingkan kemarin. Pasien yang meninggal dunia sebanyak 31 orang,” tutur Whiko.

Dengan lonjakan tajam terkait pasien positif virus corona, Whiko mengungkapkan ?bahwa upaya melindungi diri dari COVID-19 masih belum berjalan dengan baik. Masih banyak warga yang mengabaikan protokol kesehatan. 

Dugaan Korupsi Rp 8 Miliar, Kejari Medan Tahan Eks Dirut RSUP Adam Malik

“Karena itu kami kembali mengingatkan, kita harus selalu mengenakan masker,  cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah kita beraktivitas, jaga jarak saat berinteraksi sejauh 2 meter, hindari kerumunan,” jelas Whiko. 

Whiko menjelaskan, daerah tertinggi kasus COVID-19 di Sumut yakni Kota Medan sebanyak 186 kasus, Deli Serdang 32 kasus, dan Pematang Siantar sebanyak 14 kasus. Di kota-kota ini juga tersebar orang dalam pemantauan (ODP). Total ODP di Sumut saat ini berjumlah 535 orang.

Dengan itu, Whiko kembali mengingatkan warga Sumut agar tidak mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. “Jangan bepergian jika tidak mendesak, karena kita tidak pernah tahu siapa yang bisa menularkan COVID-19 ini," tutur Whiko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya