Cek Fakta Kemunculan Bola Api Santet di Depok

Kemunculan bola api di kawasan Depok, Jawa Barat.
Sumber :
  • instagram

VIVA – Kemunculan bola api di langit wilayah Curug, Bojongsari, Depok, Jawa Barat, membuat geger warga. Banyak warga menyebut kemunculan itu terkait dengan mistis atau adanya peristiwa santet.

Cek Fakta: Pertandingan Timnas Indonesia vs Uzbekistan Diulang karena Wasit Curang

Kemunculan video itu menjadi viral setelah diunggah oleh salah satu akun media sosial pada Minggu malam, 14 Juni 2020. Video itu berdurasi lima detik. Terlihat penampakan benda bercahaya merah yang jatuh dari langit. Terdengar suara seorang pria yang berteriak, “santet-santet-santet-santet”.

Dari unggahan itu, disebut kalau kemunculan bola itu pada pukul 21.45 WIB, Minggu, 13 Juni 2020. Tapi menurut Kapolsek Sawangan, Komisaris Polisi Suprasetyo, kemunculan bola api tidak ada kaitan dengan kejadian mistis.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

Baca juga: Video Detik-detik Penyelamatan Pilot Pesawat Hawk 200 Jatuh di Riau

Menurutnya, benda tersebut adalah lampion yang diterbangkan warga saat hari Lebaran. Tepatnya 1 pekan setelah hari raya Lebaran.

Ketika Santet Gagal, Pembunuh Bayaran Akhirnya Dipilih Novi untuk Eksekusi Mertua

"Tidak ada kaitannya dengan hal mistis. Itu lampion. kejadian 1 Minggu setelah lebaran infonya mas, di depan Gading Curug," kata Suprasetyo, Senin, 15 Juni 2020.

Suprasetyo meminta kepada warga Depok  tidak mempercayai kejadian kemunculan bola api yang dikaitkan dengan kejadian mistis. Apalagi terkait dengan peristiwa santet. Dia minta warga tidak mudah percaya dengan kejadian yang belum jelas kebenarannya. 

"Marilah kita bijak dalam menyikapi segala sesuatu, jangan mudah percaya dengan hal-hal yang tidak jelas kebenarannya," katanya.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya