Renungan di TMP Kalibata, Jokowi Janji Teruskan Perjuangan Pahlawan

Pekerja memperbaiki makam yang rusak akibat tertimpa pohon di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Presiden Joko Widodo memimpin malam renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat 16 Agustus 2019. 

Menteri PUPR Basuki Lapor ke Jokowi Tidak Mau Maju di Pilkada Jakarta

Tepat pukul 00.00 acara dimulai. Seluruh lampu di kawasan Taman Makam Pahlawan dipadamkan. "Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," kata Jokowi.

Jokowi berjanji akan meneruskan perjuangan para pahlawan, dengan membangun bangsa dan negara Indonesia. Sebab, perjuangan para pahlawan sama dengan perjuangan generasi saat ini.

Apresiasi Timnas U-23, Presiden Jokowi: Tetap Semangat, Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” katanya.

Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara. Renungan yang digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia itu berlangsung dengan khidmat.

Jokowi Teken UU Desa yang Baru, Kini Kepala Desa Dapat Uang Pensiun

Jokowi hadir didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, memberikan penghormatan kepada para pahlawan dari seluruh pelosok Indonesia.

Turut hadir dalam upacara ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla serta para menteri anggota Kabinet Kerja, Panglima TNI dan Kapolri. 

Upacara renungan suci ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun menjelang perayaan hari kemerdekaan, pada  17 Agustus. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya