Bogor Diguncang Gempa 4,0 Magnitudo, Dirasakan Hingga Sukabumi 

Ilustrasi gempa
Sumber :
  • VIVA/Ifan Beto

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis terjadinya gempa bumi di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada pukul 11:10 WIB, Jumat, 23 Agustus 2019. 

Indonesia Dilanda Gelombang Panas? Begini Penjelasan BMKG

"Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=4.0," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho di Jakarta. 

Menurutnya, pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6.7 LS-106.51 Bujur Timur, tepatnya berada di darat pada jarak 101 km Barat Daya Kabupaten Bogor, Jawa Barat  dengan kedalaman 5 Kilometer.

Aparat Gabungan TNI-Polri Rebut Wilayah Homeyo Intan Jaya Papua dari OPM

"Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempa bumi Dangkal akibat aktivitas Sesar Citarik," katanya. 

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Sukabumi dengan Skala Intensitas II - III MMI, Di Ciptagelar dengan Skala Intensitas III MMI, di Panggarangan Jatake, Cikotok dan Bogor dengan Skala Intensitas II - III MMI.  

Gunung Semeru Dua Kali Erupsi dengan Tinggi Letusan Tak Teramati, Menurut Petugas Pengamatan

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," katanya. 

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

Ilustrasi Makanan Berserat

Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Makanan Berserat

Perlu diadakan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya konsumsi makanan berserat dalam sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024