Gus Yaqut: Upaya Adu Domba Banser dan Warga Papua Akan Sia-sia

Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, bersama warga Papua.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVAnews - Tagar bubarkan Banser tiba-tiba jadi trending di Twitter. Namun, menurut Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, tagar yang terpopuler adalah #BanserUntukNegeri.

Ekonomi Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen di Tengah Gejolak Global, Sri Mulyani: APBN Jaga Daya Beli

Mengenai adanya pihak-pihak yang menyuarakan pembubaran Banser, pria yang akrab disapa Gus Yaqut itu mempertanyakan apakah betul itu masyarakat Sorong yang minta? Atau justru pengasong khilafah yang mencoba menumpangi?

"Saya kok enggak percaya kalau itu murni tuntutan masyarakat Sorong. Selama ini Banser dan masyarakat Papua bersahabat kok. Bahkan saat ormas lain menyerbu Asrama Mahasiswa Papua, Banser yang kemudian menjaga asrama mereka," kata Gus Yaqut saat dihubungi VIVAnews, Minggu 25 Agustus 2019.

Heboh Kondom Berserakan di RTH Tubagus Angke, Polisi Gencarkan Patroli

Gus Yaqut lantas menunjukkan sejumlah foto keakraban Banser dengan warga dan tokoh-tokoh Papua termasuk saat dirinya mengunjungi Bumi Cendrawasih tersebut dan mendapat sambutan hangat. Tidak hanya itu saja, anggota Banser juga ada yang berasal dari Papua.

Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, saat di Papua.

Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Makanan Berserat

Dari penelusuran VIVAnews, ada foto-foto yang bertuliskan tuntutan massa di Sorong, Papua, beredar di Twitter. Salah satu tuntutan itu berisi permintaan kepada pemerintah untuk membubarkan Banser.

"Kalau tanya pernyataan itu hoax atau tidak, sebaiknya tanya ke yang bikin. Saya nggak bisa jawab. Karena upaya mengadu domba Banser dan warga papua, hanya akan berakhir sia-sia," tuturnya.

Gerakan Pemuda Ansor Luncurkan Ansor Go Green, disaksikan langsung Menpan RB Abdullah Azwar Anas di Pantai Bangsring, Banyuwangi (dok: istimewa)

Luncurkan Ansor Go Green di Pantai Bangsring, Gus Addin Beberkan Alasannya

Ketua Umum PP GP Ansor Addin Jauharuddin meluncurkan Ansor Go Green di Pantai Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024