Video Pidato Ilham Habibie untuk Ayah-Ibunya: Mereka Sekarang Bersatu

Ilham Habibie
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Putra sulung mendiang Bacharuddin Jusuf Habibie, Ilham Akbar Habibie, mewakili keluarga besarnya menyampaikan terima kasih atas simpati besar pemerintah dan masyarakat Indonesia kepada ayahnya.

Panglima TNI Usulkan Doni Monardo Jadi Pahlawan Nasional

Ilham berpidato cukup panjang usai pemakaman ayahnya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, pada Kamis, 12 September 2019. Dia menyebut kisah hidup ayahnya dapat diringkas dalam tiga kata saja, yakni perjuangan untuk kebaikan, antara lain perjuangan untuk mengadakan teknologi dan Industri di Indonesia, memperjuangkan Islam dan demokrasi.

Habibie, katanya, juga mengajarkan cinta. Dia mengingatkan momen serupa dan di tempat yang sama pada tahun 2010, saat Hasri Ainun Habibie wafat dan dimakamkan di sana. Ayah dan ibu Ilham kini bersatu, sesuatu yang Habibie damba-dambakan sejak Ainun wafat.

Wasiat Bung Hatta, Menolak Dimakamkan di TMP Kalibata Serta Alasannya

Habibie juga mengajarkan kepada bangsa Indonesia agar tak pernah kehilangan semangat. Habibie menunjukkan kepada publik, terutama keluarga, agar tetap bersatu, meski dia menderita sejumlah penyakit. Persatuan keluarga Habibie patut dicontoh dan diterapkan untuk keluarga besar Indonesia.

Simak pidato lengkap Ilham Habibie di pemakaman ayahnya dalam video berikut ini:

Catat Pengalihan Arus Lalu Lintas di Sekitar TMP Kalibata Saat Renungan Suci Malam Ini
>
Jenazah Mantan Menteri Energi dan Pertambangan RI, Kuntoro Mangkusubroto saat tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Mensesneg Pratikno Kenang Sering Tanya Kuntoro Mangkusubroto saat Penelitian

Mensesneg) Pratikno memimpin prosesi pemakaman Menteri Pertambangan dan Energi periode 1998--1999 Kuntoro Mangkusubroto di Taman Malam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2023