Panglima TNI Usulkan Doni Monardo Jadi Pahlawan Nasional

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jakarta Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, dirinya akan mengusulkan mantan Kepala BNPB Letjen (Purn) Doni Monardo menjadi pahlawan nasional, dan layak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Agus mengatakan, ada jasa-jasa besar yang telah dilakukan Doni Munardo semasa hidupnya dan berdinas di tubuh TNI.

"Nanti ada itunya ya, ada aturannya nanti pasti. Di bidang personel nanti kita akan mengusulkan," ujar Agus di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Senin 4 Desember 2023.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Pemakaman mantan Kepala BNPB Letjen TNI (Purn) Doni Monardo di TMP Kalibata

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Agus mengatakan TNI nantinya akan melihat lebih dulu kriteria bagi seseorang untuk dijadikan pahlawan nasional. Selain itu, Agus menuturkan tidak menutup kemungkinan nama Doni Monardo diabadikan di sejumlah fasilitas di Mako Kopasus.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

"Nanti ada kriteria yang diatur bidang personel yang mengatur nanti akan kita jelaskan kalau sudah final. Bisa-bisa aja. Beberapa gedung di Mako Kopassus dari pahlawan yang pernah berjuang membela nusa dan bangsa, Kemarin terakhir ada yang digunakan yaitu Putu Dani sudah ditulis di lapangan tembak karena almarhum senang menembak," ujarnya.

Agus mengatakan dengan mengusulkan gelar pahlawan nasional adalah salah satunya bintang jasa yang Doni terima semasa hidup.

Lebih lanjut, Agus menuturkan, alasan dirinya mengusulkan Doni dijadikan pahlawan Nasional lantaran atas jasanya dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Nanti seperti yang ada di dada saya ini, bintang jasa yang pernah beliau didapatkan dari negara. Sangat bisa kan ada itunya kalau menangani sesuatu untuk bangsa dan negara ada reward-nya seperti pita seperti ini, nanti bidang personel yang akan kaji,” ujarnya.

Pemakaman mantan Kepala BNPB Letjen TNI (Purn) Doni Monardo di TMP Kalibata

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Diketahui Letjen TNI (Purn) Doni Monardo meninggal dunia Minggu 3 Desember 2023 pukul 17.35 WIB, setelah sebelumnya dirawat intensif di Rumah Sakit (RS) Siloam Semanggi, Jakarta.

Selanjutnya jenazah Letjen TNI Purn Doni Monardo dibawa dari Rumah Sakit Siloam, Semanggi Jakarta, ke rumah duka di Jalan Bukit Golf II Blok A nomor 12, Lengkong Karya, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatang pukul 21.00 WIB malam kemarin. Jenazah Doni Monardo lalu disemayamkan di Mako Kopassus Cijantung, Jakarta Timur.

Kemudian jenazah Doni Monardo dilepas secara militer dari rumah duka ke Mako Kopassus Cijantung, dan diantar untuk dimakamkan ke TMP Kalibata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya