Api di Hutan Gunung Merbabu Padam, 436 Hektare Lahan Terbakar

Kebakaran hutan dan lahan Gunung Merbabu
Sumber :
  • VIVAnews/Dwi Royanto

VIVA – Kebakaran hutan di Gunung Merbabu di Kabupaten Magelang dan Boyolali, Jawa Tengah, dipastikan telah padam. Luasan lahan yang dilalap api selama beberapa hari terakhir mencapai 436 hektare.

Wayang Pakai Kulit Manusia? Ini 8 Mitos Wayang di Indonesia

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Junita Parjanti, dari pantauan Stasiun Lapan menunjukkan sudah tidak ada lagi titik api di Gunung Merbabu sejak Minggu sore, 15 September 2019 kemarin.

"Alhamdulillah sudah padam, dari pandangan mata dan juga Stasiun Lapan menerangkan sudah tidak ada lagi titik api di Merbabu," kata Junita, Senin, 16 September 2019.

Angin Kencang Porak-porandakan Permukiman di Magelang

Meski dipastikan padam, pihaknya akan terus memastikan agar tidak ada sisa api yang dapat menimbulkan kebakaran lain. Tim gabungan yang terdiri dari sejumlah instansi, masyarakat dan relawan masih terus diterjunkan untuk memastikan agar tidak ada sisa api tersisa yang kemungkinan dapat membesar.

Sampai saat ini, lanjut dia, sudah ada 436 hektare lahan Taman Nasional Gunung Merbabu yang terbakar. Lokasi kebakaran terjadi di Boyolali, Magelang dan Kabupaten Semarang.

Ada “Piring Terbang” Di Atas Gunung Merapi-Merbabu

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun akibat kebakaran itu keanekaragaman hayati di kawasan tersebut menjadi rusak.

"Selain itu, sumber mata air yang selama ini dimanfaatkan oleh warga beberapa juga terganggu akibat kebakaran ini," imbuhnya.

Gunung Merbabu kebakaran

Gunung Merbabu Kebakaran, Warga Dievakuasi ke Balai Desa

BPBD Kabupaten Semarang mengevakuasi warga Dusun Ngaduman, Kecamatan Getasan, ke aula Balai Desa Batur karena asap pekat kebakaran menyebar hingga permukiman warga.

img_title
VIVA.co.id
28 Oktober 2023