Kabut Asap, Sejumlah Penerbangan dari Bandara Kualanamu Batal

Bandara Internasional Kualanamu
Sumber :
  • Angkasa Pura II

VIVA – Penerbangan di Bandara Kualanamu Internasional Airport Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, mengalami gangguan akibat dampak kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Riau. Akibatnya, 8 jadwal penerbangan ditunda dan 2 penerbangan lagi harus dibatalkan, Rabu 18 September 2019.

Selundupkan Sabu, Penumpang Air Asia Asal Aceh Gagal Terbang ke Soeta

Hal tersebut, dibenarkan oleh Manager of Branch Communication & Legal Bandara Kualanamu, Wishnu Budi Setianto. Ia mengatakan ditunda hingga dibatalkan penerbangan karena jarak pandang yang terbatas ke Bandara tujuan.

“Penundaan dan pembatalan penerbangan disebabkan karena alasan bandara yang dituju jarak pandangnya sangat rendah,” ucap Wisnu.

Pergerakan Penumpang di Kualanamu Capai 222.380 Orang saat Nataru

Kondisi cuaca berkabut dampak Karhutla Riau, Wisnu mengungkapkan sudah dirasakan beberapa belakangan ini.

Wishnu juga mengatakan, jika kabut asap sudah ada di Kualanamu sejak beberapa hari terakhir. Menurut data diperoleh dari Bandara Kualanamu. Di mana, dua penerbangan yang dibatalkan dengan tujuan Penang, Malaysia. 

Jelang Tahun Baru, Bandara Kualanamu Layani 11 Ribu Penumpang per Hari

Delapan penerbangan yang tertunda antara lain 2 penerbangan tujuan Pekanbaru dan lima penerbangan ke Penang. Lalu satu penerbangan rute Singapura-Penang yang dialihkan ke Kualanamu.

"Delay 8 penerbangan dan cancel (batal) 2 penerbangan. Karena alasan Bandara yang dituju visibility atau jarak padang rendah oleh kabut asap," jelas Wisnu.

Dengan kondisi kabut asap, pihak maskapai kepada penumpang atas dilakukan delay hingga cancel. Hal ini, karena mengutamakan keselamatan penerbangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya