Kabut Asap di Riau Masih Pekat, Posko Kesehatan Diserbu Masyarakat

Satgas Karhutla Riau terus berupaya melakukan pemadaman di tengah pekatnya asap kebakaran lahan gambut yang terbakar di Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (16/9/2019). Kebakaran hutan dan lahan itu menyebabkan kabut asap.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman

VIVA – Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Riau masih menyisakan asap pekat. Pemerintah mencoba untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat melalui pendirian posko kesehatan di Aula Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau, di Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru.

6 Tips Kesehatan untuk Para Jemaah Haji Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci

Sejak dibukanya layanan kesehatan gratis ini banyak masyarakat yang berdatangan untuk berobat. Keluhannya beragam, mulai sesak nafas, batuk-batuk bahkan demam. Usianya mulai anak-anak, orang dewasa bahkan ada juga ibu hamil. Pemandangan ini dapat dilihat sejak siang hingga malam hari.

Sebanyak 64 pasien yang terdiri dari 61 orang pasien dewasa, dua pasien balita dan satu ibu hamil. Hasil pemeriksaan dokter, mereka diagnosa Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) 32 orang, radang tenggorokan 4 orang, cerpagia 15 orang, hipertensi 13 orang.

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

Masing-masing pasien yang datang telah diberikan tindakan medis ringan dengan pemberian obat, vitamin, serta pemberian oksigen atau nebulizer. "Ada pasien balita juga yang kita terima dan kemudian kita rujuk ke RSUD," kata Sekretaris Bapenda Riau, Hj. Rauda Riza.

Sementara pada Kamis, 19 September 2019 sekitar pukul 21.00 WIB sebanyak 75 orang berdatangan untuk memeriksakan kondisi kesehatan mereka.

BPS Sebut Ketimpangan Gender Menurun pada 2023, Ini Buktinya

Hingga Jumat 20 September 2019, kabut asap masih pekat dan tebal. Jarak pandang terbatas dan aroma sisa pembakaran lahan masih terasa menyengat hidung. Aktivitas belajar mengajar di sekolah belum terlihat karena masih dalam masa penambahan jeda libur sekolah akibat asap.

Tukul Arwana

Kelihatan Sehat, Begini Kondisi Tukul Arwana Setelah 3 Tahun Berjuang dengan Stroke

Dalam video yang diunggah itu, nampak beberapa kerabat Tukul Arwana sedang berkunjung ke rumah untuk menjenguknya.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024