Kebakaran Gunung Semeru Belum Padam, Pendakian Ditutup Total 

Kebakaran di Gunung Semeru
Sumber :
  • Instagram @saverindo

VIVA – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru selaku otoritas wisata pendakian Gunung Semeru memutuskan untuk melakukan penutupan seluruh  jalur pendakian. Penutupan ini karena kebakaran di Hutan Gunung Semeru belum bisa dipadamkan hingga saat ini.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kebakaran awal ini dideteksi pada Senin, 16 September 2019. Awalnya jalur pendakian hanya ditutup sampai Ranu Kumbolo saja. Namun, sejak Minggu, 22 September 2019 pukul 15.00 WIB, Balai Besar TNBTS memutuskan menutup secara total jalur pendakian.

Kepala Balai Besar TNBTS John Kenedie mengatakan, keputusan penutupan jalur secara total dilakukan demi keselamatan pendaki. Otoritas terkait memutuskan penutupan jalur pendakian dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

"Dengan keputusan ini, berarti keputusan sebelumnya pendakian hingga Ranu Kumbolo tidak berlaku. Sejak hari ini, pendakian ditutup total sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata John.

John mengatakan, pihaknya belum bisa menghitung luas area hutan yang terbakar. Sebab petugas sedang berjuang memadamkan kebakaran di lokasi  Jenis tumbuhan yang terbakar adalah alang-alang yang sudah mengering. Proses pemadaman sejauh ini menggunakan metode manual dengan teknik gepyok.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

"Luas belum dihitung, tim sedang berjibaku padamkan api dan mengecek kalau masih ada pendaki yang belum turun ke Ranupani. Yang terbakar luas padang alang-alang," ujar John.  [mus]

Pemandangan Gunung Kembang, Wonosobo, Jawa Tengah.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Menghirup udara segar plus menikmati indahnya alam pengunungan, kebersihan menjadi salah satu faktor terpenting. Dan paket lengkap itu bisa ditemukan di Gunung Kembang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024