Usai Demo Maut Kendari, Kapolda Sulawesi Tenggara Dicopot

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

VIVA – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melakukan rotasi sejumlah posisi pejabat tinggi Polri. Di antaranya mutasi jabatan untuk Kapolda Papua, Kapolda Riau dan Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra). 

Anggota Brimob, Ingat Baik-baik Pesan Kapolri Ini

Perubahan posisi itu tertuang dalam surat Telegaram Kapolri bernomor: ST/2569/IX/KEP/2019 Jumat, 27 September 2019. Pengesahan surat itu ditandatangani oleh AS SDM Kapolri Inspektur Jenderal Polisi Eko Indra Heri S.

Adapun posisi Kapolda Papua yang tadinya diisi oleh Inspektur Jenderal Polisi Rudolf A Rodja akan diganti oleh Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpau. Sedangkan Rudolf akan menempati Analisa Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

Tengok Cara Kapolri Ciptakan Iklim Investasi Kondusif

Lalu, posisi Kapolda Riau Inspektur Jenderal Polisi Widodo Eko Prihastopo dimutasi jadi Pati Baintelkam penugasan di BIN. Jabatannya itu akan diisi oleh Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Effendi.

Sedangkan jabatan Kapolda Sultra akan diisi oleh Brigadir Jenderal Polisi Merdisyam. Sementara, Brigadir Jenderal Irianto yang sebelumnya menjabat Kapolda Sultra akan dirotasi menjadi Irwil III Itwasum Polri.

Kapolri Perintahkan Jajaran Bayar dan Laporkan Pajak

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan, mutasi dan rotasi jabatan tersebut merupakan bentuk peningkatan kinerja yang terjadi di dalam internal Korps Bhayangkara. 

"Mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty and tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka peningkatan performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter," ujar Dedi saat dikonfirmasi awak media.

Diketahui bahwa tiga wilayah provinsi itu memang “panas” belakangan ini. Di Papua terjadi kerusuhan. Di Riau kebakaran hutan dan kabut asap hebat. Sementara di Sultra demonstrasi mahasiswa dengan korban tewas dua orang.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya