Jakarta Mulai Hujan Lagi, DKI Siagakan 8.000 Personel Cegah Banjir

Genangan air di sejumlah daerah di Jakarta.
Sumber :
  • @TMCPoldaMetro

VIVAnews - Pemprov DKI menyiagakan hingga setidaknya delapan ribu personel dari Dinas Sumber Daya Air DKI untuk mencegah potensi banjir setelah Jakarta mulai diguyur hujan lagi.

Terpopuler: SYL Bayar Biduan Pakai Uang Korupsi, Jokowi Down dan Tangerang Banjir

Menurut Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Juaini, kedelapan ribu personel, akan segera diturunkan di wilayah tugasnya masing-masing saat ada potensi hujan menimbulkan genangan.

"Sampai saat ini sudah ada delapan ribu orang yang siap, standby," ujar Juaini di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2019.

Belum Mampu Atasi Banjir dan Macet di DKI, SPJ beri Rapor Merah Kinerja Heru Budi

Juaini menyampaikan, setiap kali hujan turun, pemerintah DKI meyakini genangan akan cepat surut jika ada. DKI sudah melakukan antisipasi menjelang musim penghujan, seperti mengeruk waduk, juga sungai.

"Kita harapkan genangan cepat surut, cepat berkurang, karena dari awal-awal (saluran tampungan air) sudah kita keruk," kata Juaini.

Hujan Deras, 6 Kecamatan di Tangerang Terendam Banjir

Juaini juga mengemukakan, selain menyiagakan ribuan personel, pompa-pompa juga sudah disiapkan di lima wilayah kota di Jakarta. Genangan akan segera disedot, lalu dibuang, sehingga tidak menyebabkan banjir dengan durasi yang lama.

"Ketika terjadi (genangan) kita siap (menanggulangi) dengan peralatan yang kita punya," tutur Juaini.

Hujan deras  (Foto ilustrasi).

Awal Mei, 26 Provinsi Diprediksi Bakal Diguyur Hujan

BMKG memprakirakan hujan lebat berpotensi mengguyur sejumlah wilayah, termasuk kota besar, di 26 provinsi Indonesia pada hari pertama Mei, Rabu.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024