Logo BBC

Obituari: Anwar Congo, Sang Algojo Pembunuh 1000 Orang

- Carlos Arango de Montis
- Carlos Arango de Montis
Sumber :
  • bbc

Anda mungkin menemukan beberapa detail dalam artikel ini mengganggu

Ketika seorang teman menontonnya, pembunuh massal Anwar Congo sedang menari cha-cha-cha.

Beberapa saat sebelumnya, di atap teras di Indonesia, dia menunjukkan metode yang disukainya untuk membunuh orang. Dia akan menggunakan kawat panjang untuk mencekik mereka, jelasnya, karena memukuli mereka sampai mati terbukti terlalu berantakan.

Pria kurus berambut putih ini diperkirakan telah membunuh sedikitnya 1.000 orang, meskipun beberapa orang memperkirakan jumlahnya bahkan lebih tinggi.

"Saya sudah mencoba melupakan semua itu," katanya, riang.

"Dengan menari, merasa bahagia, sedikit alkohol, sedikit ganja."

Dia kemudian mulai bernyanyi.

Ini adalah salah satu dari banyak adegan mencolok dalam film The Act of Killing, sebuah film dokumenter nominasi Oscar tahun 2012 yang menyoroti salah satu pembantaian yang kurang dikenal di abad ke-20.

Antara 1965 dan 1966, setidaknya 500.000 orang tewas terbunuh di Indonesia selama apa yang disebut sebagai pembantaian massal. Setelah kudeta yang gagal, militer mengamuk dan menargetkan semua yang terafiliasi dengan komunisme di seluruh negeri.

The Act of Killing mengikuti aktivitas Congo, yang merupakan bagian dari regu jagal terkenal yang mengeksekusi ratusan orang yang berhaluan kiri, setelah ia diundang untuk memerankan kembali pembunuhan dalam film itu.

Anwar Congo meninggal pada 25 Oktober dalam usia 78 tahun.