Pemerintah Bantah Cekal Rizieq Shihab

Menkumham Yasonna Laoly (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Pemerintah membantah telah mencegah dan menangkal (cekal) Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. 

Istri Habib Rizieq Shihab Meninggal Dunia, Ini Profil Syarifah Fadhlun Yahya

Rizieq beralasan bahwa dia tidak bisa kembali ke Indonesia karena dicekal. Ia dalam video memperlihatkan selembar kertas yang disebut surat cekal. 

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly mengaku tidak ada pencekalan. "Enggak ada, enggak ada," kata Yasonna di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 11 November 2019.

Polisi Belum Cekal Ketua KPK Firli Bahuri, Kombes Ade Ungkap Alasannya

Lazimnya, katanya, surat cekal diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi. Namun, sejauh ini Imigrasi tak menerbitkan surat cekal. "Pokoknya dari kami enggak ada deh," katanya. 

Hal senada dikatakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD. Ia mengaku sudah menanyakan kepada banyak pihak mengenai pencekalan itu dan semua mengonfirmasi tak ada pencekalan.

Imigrasi Bandara Soetta Pastikan Status Mentan Syahrul Yasin Limpo Tidak Dicekal

Mahfud malah meminta Rizieq mengirimkan surat pencekalan itu, bahkan salinan atau fotokopinya, kepadanya. Mahfud khawatir, justru yang diperoleh Rizieq adalah hanya berita dari surat kabar yang sebenarnya bukan kebijakan. 

"Kita kan enggak bisa menanggapi sesuatu yang tidak jelas. Kalau ada, kirim ke saya, nanti kita lihat. Kalau itu memang benar ada, kita lihat urgensinya kenapa itu ada," tuturnya.

Habib Rizieq Shihab

Omongan Adem Habib Rizieq ke Ibu-ibu soal Capres: Gak Boleh Maksa dan Kafirkan Orang

Pada baru-baru ini, Habib Rizieq Shihab memberikan ceramah yang tak hanya membahas agama tetapi juga menyinggung soal Pilpres 2024 di Majelis Markaz Syariah Petamburan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2024