Gunung Merapi Meletus Lagi, Tinggi Kolom Letusan 1000 Meter

Petugas BPPTKG tengah melakukan pemantauan Gunung Merapi beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Gunung Merapi kembali meletus. Kali ini erupsi berlangsung pada Minggu pagi tadi, demikian ungkap Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Gunung Semeru 5 kali Erupsi hingga 900 Meter, Radius 5 Km Rawan Lontaran Batu Pijar

Dalam informasi di akun BPPTKG di Instagram, letusan gunung Merapi terjadi pada 17 November 2019 pukul 10:46 WIB.

Letusan tercatat di seismogram dengan amplitudo max 70 mm dan durasi 155 detik. Teramati kolom letusan setinggi ±1000 meter. Angin bertiup ke Barat.

Wamenaker Meninjau Lokasi dan Beri Bantuan Kemanusiaan Kepada Korban Bencana Banjir Sumatera Barat

Gunung merapi telah berstatus waspada sejak 21 Mei lalu.

PVMBG: Gunung Ibu di Maluku Utara Meletus Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 5 Kilometer
>

Sebelumnya Gunung Merapi juga pernah meletus dengan mengeluarkan awan panas letusan, Sabtu, 9 November yang lalu. Letusan Gunung Merapi saat itu terjadi pukul 06.21 WIB dan mengeluarkan awan panas letusan setinggi 1500 meter.

Ditanggal 14 Oktober 2019, Gunung Merapi juga meletus dengan mengeluarkan awanpanas letusan setinggi 3000 meter. Letusan ini terjadi pukul 16.31 WIB.

Hingga saat ini BPPTKG masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada. Status waspada ini telah ditetapkan sejak 21 Mei 2018.

BPPTKG Yogyakarta merekomendasikan area dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi agar tidak ada aktivitas manusia. Masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 km dari puncak Gunung Merapi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya