Total 46 Terduga Teroris Diringkus Pascabom Bunuh Diri Medan

Salah satu lokasi pengeledahan terduga teroris di Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara.
Sumber :
  • VIVAnews/Putra Nasution

VIVA – Setelah peristiwa aksi penyerangan bom bunuh diri di Medan, Sumatera Utara, tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri bergerak cepat dan sejauh ini telah mengamankan sebanyak 46 terduga teroris. Mereka ditangkap di beberapa wilayah berbeda seperti Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

"Jadi sampai hari ini upaya penegakan hukum yang dilakukan Densus 88 dan jajaran Polda sudah mengamankan atau menetapkan tersangka sejumlah 46 orang, seluruhnya," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Senin 18 November 2019.

Menurut Dedi, dari 46 jumlah tersebut, semuanya sudah ditetapkan sebagai tersangka, karena adanya sejumlah bukti yang menunjukkan mereka terlibat dalam aksi teror. Sebanyak 23 di antaranya merupakan Jamaah Ansharut Daulah atau JAD yang terlibat langsung dalam aksi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Sebanyak 23 terduga teroris tersebut diamankan di daerah Medan dan Aceh. Satu orang merupakan istri dari pelaku RMN yang berinisial DA, sedangkan 16 tersangka lainnya yang ditangkap berinisial MAI, MN, AL, Y alias Yasir alias Anto, AS, F, S, DH, BH alias Abu Zaid, KS alias Abu Munzir, S, S, Z, MFJ, SS, dan AH.

Dari jumlah tersebut, 4 orang menyerahkan diri yang berinisial W alias Yunus, DS, IF, dan DS alias Hendro. Sementara yang meninggal dunia NP dan K alias Khoir yang memiliki kualifikasi merakit bom.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

"Dari 23 orang tersebut 4 di antaranya dengan soft approach, pendekatan dengan pihak keluarga, pendekatan dengan tokoh masyarakat dan beberapa komponen terkait, 4 orang menyerahkan," kata Dedi.

Saat ini para terduga pelaku teroris tersebut tengah diamankan oleh Densus 88 untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif. Polri akan terus melakukan pemberantasan terhadap aksi terorisme dan berusaha mencegah aksi terorisme terulang.

VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Argentina menuduh Iran sebagai pelaku tindakan terorisme. Tuduhan ini muncul setelah lebih dari tiga dekade serangan yang mengakibatkan korban jiwa di Buenos Aires, Argen

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024