Pesan Ciputra ke Karyawan: Integritas yang Pertama Harus Ada

Ir Ciputra
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ir. Ciputra, chairman dan founder Ciputra Group, meninggal dunia di Singapura, Rabu dini hari 27 November 2019. Almarhum mengembuskan napas terakhirnya di usia 88 tahun.

1.200 Warga Mengungsi, 7 Tewas dan 15 Rumah Hanyut Akibat Banjir dan Longsor Hantam Luwu

"Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tgl  27 November 2019 pk 1:05 waktu Singapore," demikian pesan dari manajemen Ciputra Group.

Sebagai pengusaha properti yang sukses dengan kelompok usahanya, sosok Ciputra juga dikenal dengan nasihat-nasihatnya. Satu di antaranya yang melegenda adalah petuah bahwa "Seorang entrepreneur mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas".

Jelang Hari Kebebasan Pers Sedunia, Gaza Berduka Atas Kematian 140 Jurnalis dalam Serangan Israel

Ciputra juga memikirkan, mendeklarasikan, dan mengampanyekan nilai-nilai Integrity, Professionalism, dan Entrepreneurship atau IPE secara konsisten sejak pertama kali mengumumkan pada 24 Agustus 2011. Saat itu, tepat Ciputra berusia 80 tahun. 

Pada momen tersebut, Pak Ci, sapaan akrab Ciputra, mencanangkan tiga nilai utama perusahaan, yaitu Integrity, Professionalism, dan Entrepreneurship.

Dukung Pers Sehat, BPJS Kesehatan Kembali Raih Penghargaan Bergengsi

Momen pencanangan IPE tersebut memperlihatkan bagaimana Ciputra memperjelas makna entreprenership yang dianutnya. Ternyata, entrepreneurship tidak bisa berjalan sendirian. Dia harus bersekutu dan melebur dengan nilai-nilai lainnya, yakni Integritas dan Profesionalisme.

“Percuma saja kalau nilai entrepreneurship ini tidak diiiringi dengan prinsip integritas dan dikerjakan secara profesional, karena rasanya akan sulit untuk mencapai tujuan Ciputra Group tanpa penerapan ketiga value itu. Inilah ciri yang paling mendasar dari Entrepreneurship Ciputra Way, yaitu Entrepreneurship yang melebur dengan Integritas dan Profesionalisme,” ujar Ciputra, disarikan dari booklet “Memahami 12 Prinsip Entrepreneurship Ciputra Way, Sebuah Refleksi tentang Entrepreneurship Ciputra Way, Jakarta, 2017.

Di dalam pesan yang disampaikan kepada para karyawan, publik, maupun media, Pak Ci selalu menegaskan bahwa Integritas adalah yang pertama-tama harus ada.

“Butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun kepercayaan publik, namun hanya cukup satu hari saja untuk meruntuhkannya,” tutur Ciputra. Pandangan di atas sesuai dengan filosofi Warren Buffet tentang orang-orang seperti apa yang akan dia pilih untuk bekerja bersamanya.

Pandangan antara Entrepreneurship, Professionalism, dan Integrity akan menjadi strategi yang tangguh dan juga berkelanjutan untuk organisasi bisnis maupun non bisnis. Perpaduan ketiganya akan menghadirkan organisasi atau lembaga yang dapat dipercaya, diandalkan, dan dibanggakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya