Gajah Sumatera Jebol Pagar Jalan Samping Polsek Mandau

Pagar pembatas yang dijebol Gajah Sumatera
Sumber :
  • BBKSDA Riau

VIVA – Gajah Sumatera menjebol pagar pembatas jalan samping Kantor Kepolisian Sektor Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. Satwa dilindungi itu berjumlah dua ekor terdiri dari satu ekor induknya bernama Seruni dan anaknya.

Gajah Sumatera, Kambing Hingga Ular, Ikut Upacara HUT RI di Bali

"Seruni dan satu ekor anaknya. Tim kita masih melakukan pemantauan di lokasi," kata Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Dian melalui pesan tertulisnya, Rabu 4 Desember 2019.

Dian menjelaskan dalam hal ini, pihaknya telah menurunkan tim untuk memonitoring Seruni. Bahkan terakhir, gajah tersebut menjebol pagar pembatas jalan tak jauh dari kantor Polsek Mandau.

Disebutkan, Polsek Mandau juga berada berdekatan dengan Green Belt Chevron dan satu hamparan dengan hutan Talang termasuk dalam Suaka Margasatwa Balai Raja.

"Sejak Gajah Dita mati, Seruni dan anaknya sering muncul. Tapi, selama ini Seruni tidak menganggu," jelas Dian.

Orangutan Sumatera hingga Harimau Jawa Terancam Punah di 2050

Sampai berita ini diturunkan tim BBKSDA bersama kepolisian Mandau masih melakukan pemantauan sekitar lokasi. Pemantauan ini sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar.

Gajah Sumatera.

Gajah Sumatera, Hewan Penjaga Ekosistem di Hutan

Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) merupakan salah satu hewan endemik Indonesia. Pengertian hewan endemik adalah hewan yang asli dan hanya ada di suatu wilayah.

img_title
VIVA.co.id
9 Desember 2023