Ibu Muda Rawat Bayi Kelainan Fisik Ditinggal Suami Banjir Dukungan

Dina dan neneknya merawat bayinya yang menderita kelainan
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – Kisah hidup Dina Oktavia (21 tahun) viral di media sosial sepekan terakhir. Wanita muda asal Surabaya, Jawa Timur, itu susah payah merawat bayinya, Muhammad Pandhu Firmansyah (5 bulan) yang menderita kelainan fisik di bagian kepala sejak lahir. Penderitaan Dina makin lengkap setelah suaminya dikabarkan meninggalkan dirinya setelah melahirkan. 

Cek Fakta: Video Bayi Hasil Rekayasa Genetika

Bersama suaminya, Dina semula tinggal di kawasan Jojoran Stal, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya. Rumahnya sangat sederhana. Lima bulan lalu, putra pertamanya, Pandhu, lahir. Bayi Pandhu lahir dengan kelainan fisik di bagian wajah dan kepala. Hasil diagnosis dokter, Pandhu mengidap facial cleft tessier hydrocephalus myelomeningocele.

"Katanya karena kena virus yang berasal dari hewan. Saat saya hamil, kebetulan saya pernah digigit tikus dua kali sampai berdarah di kaki," kata Dina kepada wartawan di tempat tinggalnya yang baru di Rusunawa Gunungsari, Surabaya, pada Jumat, 6 Desember 2019. Di sana Dina tinggal bersama ibunya. 

Geger Anggota TNI Cantik Ternyata Cowok, Apa Itu Kelainan Hipospadia?

Kehadiran bayi Pandhu yang kelainan fisik itu jadi titik awal kisah pilu Dina. Suaminya kata dia tidak pernah menjenguk. Begitu pula dengan mertuanya yang memang tidak merestui pernikahannya sejak awal. Namun dia tetap ingin merawat buah hatinya itu. "Saya tetap menerima anak saya apa adanya, saya akan merawatnya," katanya. 

Kisah Dina menarik perhatian banyak pihak. Tempat tinggalnya yang baru di Rusunawa Gunungsari merupakan bantuan dari Pemerintah Kota Surabaya. Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) setempat juga memberikan pendampingan secara gratis termasuk berhubungan dengan proses perceraian Dina dengan suaminya. 

Mengenal Apa Itu Moebius Syndrom

Tak hanya itu, Ketua Tim Penggerak PKK Pemerintah Provinsi Jatim Arumi Bachsin juga menyambangi Dina pada Jumat siang. Istri Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak itu mengaku sengaja datang menjenguk untuk memberikan dorongan semangat kepada Dina. 

"Tadi ngobrolnya ringan-ringan saja. Memang udah lama pengen ngelihat pengen kenalan, terus tadi ringan-ringan aja lebih ke penguatan sama ibunya, umurnya juga masih sangat muda, terus penguatan ngasih motivasi," ujar Arumi saat mengunjungi Dina. (ren)
 

Bayi Lahir Dengan Kondisi Menyeramkan

10 Bayi yang Lahir dengan Kondisi Tak Biasa

Bayi - bayi malang ini lahir dengan penyakit dan kelainan yang membuat wajah mereka menjadi tidak normal dan menyeramkan. Simak 10 bayi lahir kondisi menyeramkan.

img_title
VIVA.co.id
11 Juni 2022