Pemulung di Riau Temukan Tiga Orangutan di Dalam Kardus

Tiga orangutan ditemukan di dalam kardus oleh pemulung di Riau.
Sumber :
  • VIVAnews/Bambang Irawan

VIVA – Tiga orangutan ditemukan di dalam kardus di kawasan Sungai Sibam, Pekanbaru, Riau, Sabtu 14 Desember 2019. Satwa dilindungi itu ditemukan oleh pemulung yang tidak sengaja berada sekitar lokasi.

Wagub Sumut Ajak Menpora Lihat Orangutan di Taman Nasional Gunung Leuser

Saat ditemukan kondisinya masih hidup.  Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, menyampaikan terima kasih atas temuan tersebut.

"Terima kasih atas kesadaran warga yang telah peduli terhadap kehidupan satwa yang dilindungi. Saat ini tiga satwa orangutan yang ditemukan telah dievakuasi," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, Riau, Suharyono kepada media, Minggu 15 Desember 2019.

Bukit Lawang Orangutan Trail Resmi Terdaftar di Asosiasi Lari Dunia

Suharyono menceritakan, orangutan adalah salah satu satwa yang dilindungi negara dan populasinya hampir punah. Saat ini tiga satwa langka tersebut telah diamankan sementara di kandang transit, dan dalam pengawasan tim dokter hewan BKSDA Riau.

Rencananya, satwa ini juga akan dibawa ke pusat rehabilitasi orangutan di Batu Embelin, Sumatera Utara.

Wagub Sumut dan Pangdam Ramaikan Bukit Lawang Orangutan Trail Run 2023

"Kita akan pantau kesehatannnya untuk kemudian akan kita bawa ke pusat rehabilitasi orangutan di Batu Embelin," ujar Suharyono. 

Pelaku perdagangan orangutan saat diamankan Polda Sumut.

Orangutan Mau Dijual ke Luar Negeri, Polda Sumut Gagalkan

Polda Sumatera Utara berhasil mengungkap dan menggagalkan perdagangan dua Orangutan, yang berstatus satwa liar dilindungi.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2023