Pesan Natal dari Generasi Emas Papua di Amerika Serikat

Perayaan Natal pemuda-pemudi Papua di Amerika Serikat.
Sumber :
  • VIVAnews/Yanri

VIVA – Dalam rangkaian penutupan konferensi internasional mahasiswa Papua pertama se-Amerika Serikat di Los Angeles, perayaan Natal mahasiswa Papua se-AS berjalan khidmat dan sukacita pada Minggu, 22 Desember 2019.

Gisella Anastasia dan Gading Marten Rayakan Natal Bersama di Bali

Perayaan Natal dihadiri lebih dari 300 mahasiswa/i Papua dan Papua Barat yang saat ini sedang menempuh pendidikan tinggi dari tingkat sarjana hingga doktoral di AS, Kanada, Inggris Raya dan Filipina.

Konsul Jenderal Indonesia di San Francisco, Simon D.I. Soekarno, menuturkan perayaan Natal kiranya dapat menjadi momentum bagi generasi emas Papua untuk berkontribusi bagi pembangunan Tanah Papua dan kemajuan Indonesia.

Kronologi Pembakaran Sekolah dan Puskesmas oleh KKB Papua

Simon menekankan perlunya para mahasiswa/i Papua terus semakin memperkuat solidaritas dan persaudaraan di antara mereka.

"Hidup di perantauan, jauh dari rumah, untuk menuntut ilmu adalah tugas mulia.  Para mahasiswa menjadi duta bangsa mewakili Indonesia dan diharapkan berprestasi serta menciptakan inovasi di lingkungan kalian," kata Simon dalam keterangan tertulisnya, Selasa 24 Desember 2019.

Wali Kota Bekasi Tidak Melarang Perayaan Natal di Gereja

Diketahui, kegiatan konferensi mahasiswa/i Papua se-AS telah menghasilkan Deklarasi Los Angeles yang merupakan harapan dan seruan mahasiswa/i Papua dan Papua Barat untuk membangun Tanah Papua dan Indonesia. 

Sebagai rangkaian kegiatan juga telah dilakukan pemilihan kepengurusan Ikatan Mahasiswa Papua se-AS (IMAPA) periode 2019-2021.

Sementara itu, tuan rumah penyelenggaraan rangkaian acara, Saud P. Krisnawan, Konjen RI di Los Angeles, menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan adalah untuk memfasilitasi ide-ide inovatif para generasi muda Papua yang sedang melanjutkan pendidikan di AS yang nantinya diimplementasikan membangun Tanah Papua dan Indonesia secara berkelanjutan.

Adapun, rangkaian kegiatan konferensi dibuka Wakil Menteri Luar Negeri, Duta Besar Mahendra Siregar dan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, John W. Wetipo. Kegiatan didukung Pemprov Papua dan Papua Barat serta seluruh Kantor Perwakilan RI di AS.  

Para mahasiswa juga berkesempatan berinteraksi langsung dengan wakil perusahaan yang hadir pada sesi Job Fair, diantaranya Freeport McMoran, American Furniture Manufacture dan Panda Express.  

Juga diselenggarakan video conference dengan maskapai penerbangan, Lion Air dan Air Asia, yang diikuti oleh siswa-siswa Papua yang mengikuti pendidikan di sekolah penerbang di AS.

Laporan kontributor tvOne: Yanri 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya