Tol Layang Jakarta-Cikampek Banjir

Kondisi banjir di Tol Layang Cikampek
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Hujan deras yang merata jelang malam pergantian tahun baru 2020 ini membuat banjir di sejumlah wilayah. Salah satunya di jalan tol layang Jakarta-Cikampek, Selasa 31 Desember 2019.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Kondisi banjir ini viral di Twitter. Salah seorang warganet membagikan video banjir tersebut. Dia menjelaskan jika ada tiga lokasi di jalan tol layang ini yang mengalami banjir.

"Tol Jakarta Cikampek elevated banjir sekitar 3 titik antara KM 33 - KM 30 arah ke Jakarta, kendaraan menurunkan kecepatan," tulis akun Twitter @arifaryaputra seperti dikutip VIVAnews.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Dari video yang diunggah ke Twitter ini mengambarkan jika beberapa mobil yang melintas memang melintasi air yang merendam jalan layang tersebut.

Sebelumnya, banyak keluhan dari pengguna kendaraan terkait dengan jalan layang tol Cikampek ini, salah satunya tentang kondisi jalan yang bergelombang.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menuturkan, desain jalan yang bergelombang itu lantaran menyesuaikan kondisi jalan di bawah tol tersebut. 

Berdasarkan hasil survei, ditemukan bahwa masyarakat lebih kurang nyaman terkait sambungan atau expansion joint antara tiang pancang. Hal itu lantaran, ada sedikit lompatan jika melewati jalan itu setiap 180 meter.

Dia menuturkan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR terkait sambungan antara tiang pancang itu. 

Dia mengakui sambungan ini belum sempurna sehingga pengendara mobil akan merasakan sedikit lompatan ketika melewati jalan tersebut dan cukup berbahayanya jika dilalui dengan kecepatan tinggi. 

>
>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya