Gempa M 6,4 Guncang Sinabang, 2 Unit Kantor Pemerintah Simeulue Rusak

Kaca jendela sarana kantor di Simeulue pecah akibat gempa.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dua unit sarana kantor instansi pemerintah di Kabupaten Simeulue mengalami keretakan ringan. Sebagian kaca jendela juga pecah akibat guncangan gempa magnitudo 6,4, Selasa, 7 Januari 2020, pukul 13.05 WIB.

Pemkab Garut Berlakukan Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Informasi yang diperoleh, gempa tersebut turut merusak bagian kaca kantor Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Simeulue. Kemudian, bangunan kantor Satpol PP setempat retak.

“Dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut sebanyak 2 unit sarana pemerintah mengalami keretakan ringan, dan sebagian kaca jendela pecah,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi saat dikonfirmasi.

BPBD DKI Ungkap 3 Sumber Ancaman Gempa di Jakarta

Agar terhindar dari bangunan retak yang diakibatkan gempa, dia mengimbau warga untuk memeriksa bangunan tempat tinggalnya, sebelum kembali ke dalam rumah masing-masing.

Hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan ada satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo 3,3 pada pukul 13.45 WIB. “Kita mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Jumlah Rumah Rusak Akibat Gempa Garut Bertambah Jadi 110

Sebelumnya, gempa bumi dengan magnitudo 6,4 mengguncang Barat Daya Sinabang, Selasa, 7 Januari 2020, pukul 13.05 WIB.

Dikutip dari laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), 
pusat gempa berada di laut 24 km Barat Daya Sinabang. Gempa juga dirasakan di wilayah Tapak Tuan, Singkil, Gunung Sitoli, Nias Utara, Medan, Nias Barat, Meulaboh.
 

Gempa Bumi Guncang Mataram NTB dan Bali

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018

Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Bali diguncang gempa bumi bermagnitudo 5,2 pada pukul 05:09 WIB, yang berpusat di 97 kilometer Barat Daya Lombok Barat NTB

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024