Tahun Tikus, Memburuk Situasi Ekonomi Global ke Arah Resesi

Perang Dagang AS China.
Sumber :
  • Sputnik International

VIVA – Tahun Baru semangat baru ke arah yang lebih baik, itulah yang sering kita inginkan. Tetapi, sejumlah ekonom dan lembaga keuangan internasional memprediksi, jika tahun ini ekonomi global akan semakin memburuk.

Waspadai Dampak Ekonomi Politik atas Serangan Iran ke Israel

Dana Moneter Internasional atau IMF, bahkan memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global. Perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu sorotan mereka. Sehingga, memperlambat perdagangan dunia sekaligus membebani perekonomian global.

"Kami memperkirakan bahwa ketegangan perdagangan AS-China akan secara kumulatif mengurangi tingkat PDB global sebesar 0,8 persen pada tahun 2020," kata Kepala Ekonom IMF, Gita Gopinath, Rabu 16 Oktober 2019.

RI Jadi Negara Kedua di Dunia yang Jauh dari Jurang Resesi Ekonomi 2024, Jerman Paling Dekat

Tidak hanya perang dagang antara AS dan China, kawasan Eropa juga mengalami kontraksi di berbagai bidang. Lalu bagaimana dengan ekonomi Indonesia? Baca selengkapnya di Sorot 586 : Ancaman Resesi Ekonomi Global

Ilustrasi resesi ekonomi/ekonomi global

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) menyebut, risiko RI masuk ke jurang resesi masih jauh lebih rendah dibandingkan negara-negara lain.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024