Ma'ruf Amin Cemas Perang Iran-Amerika Berdampak pada Indonesia

Wakil Presiden Maruf Amin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan, Indonesia turut berupaya mencari solusi menyusul meningkatnya ketegangan antara Iran dengan Amerika Serikat menyusul pembunuhan jenderal Iran Qasem Soleimani.

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

"Ya, kita sesuai dengan prinsip luar negeri kita, bahwa kita itu menghendaki perdamaian. Karena itu maka yang harus diupayakan mencari solusi perdamaian supaya tidak terjadi perang," kata Ma'ruf di Istana Wapres, Jakarta, Rabu, 8 Januari 2020.

Dia juga mendukung upaya-upaya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, di antaranya memanggil duta besar Iran dan juga Amerika Serikat, supaya semua pihak menahan diri agar tidak terjadi perang.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Menurut Ma'ruf, tidak ada yang diuntungkan dari perang antara Iran dengan AS. Malahan, menurutnya, bisa merugikan negara-negara yang lain, termasuk Indonesia.

"Sebab, jika sampai terjadi perang, itu saya kira tidak ada yang diuntungkan. Termasuk yang tidak ikut perang itu akan jadi korban. Karena itu, andaikata terjadi peperangan, ini jadi sesuatu yang sangat merugikan bagi dunia," ujarnya.

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini
Menteri BUMN Erick Thohir

Israel-Iran Memanas, Erick Sebut Kontrak BUMN Pertahanan Naik 

Situasi geopolitik saat ini tengah memanas, khususnya konflik di Timur Tengah antara Israel-Iran. Konflik ini pun disebut akan memberikan dampak terhadap BUMN di sektor p

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024