Banyak Kerajaan Baru Bemunculan, Sri Sultan HB X Minta Warga Hati-hati

Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan HB X angkat bicara mengenai fenomena munculnya kerajaan-kerajaan baru di Indonesia belakangan ini. Sultan meminta masyarakat berhati-hati atas munculnya kerajaan-kerajaan itu.

Pigai Ancam Laporkan ke Polisi, Begini Respons Sultan HB X

Sultan HB X mewanti-wanti, agar masyarakat tak mudah percaya pada kerajaan tersebut. Terutama, jika kerajaaan-kerajaan yang muncul ini memberi iming-iming uang maupun investasi.

"Masyarakat hati-hati lah. Soalnya masyarakat kita ini, kalau diiming-iming gampang sekali," ujar Sultan HB X, usai bertemu Ketua DPR RI, Puan Maharani di Kantor Gubernur DIY, Senin 20 Januari 2020.

COVID-19 Melonjak, Sultan HB X Pertimbangkan Yogyakarta Lockdown

Gubernur DIY ini menilai, karakteristik orang Jawa yang mudah ewuh pakewuh membuat mudah percaya pada orang lain. Termasuk, pada orang yang belum dikenal.

"Masyarakat kita ini sangat mudah percaya pada orang lain, ya jadi susah. Rung karuan kenal wae dipercoyo (belum tentu kenal saja sudah dipercaya)," tutur pria yang memiliki nama kecil Herjuno Darpito ini. 

Bertemu Sultan HB X, Presiden PKS Dapat Wejangan Khusus

Sultan HB X menilai, mengubah karakteristik masyarakat Indonesia, khususnya yang berasal dari Jawa yang terbuka pada orang lain memang sulit. Sultan HB X mengingatkan kewaspadaan dari masyarakat perlu ditingkatkan agar tak mudah tertipu.

"Tidak bisa mengubah kebiasaan seperti itu (masyarakat yang mudah percaya pada orang yang tak dikenal). Terus (menjadi masyarakat) tertutup kan enggak bisa. Satu-satunya cara, ya kita sendiri yang harus hati-hati," saran Sultan. (asp)

Mendagri Tito Karnavian

Ekonomi Yogyakarta Tumbuh 11,8 Persen, Mendagri Belajar ke Sultan HB X

Mendagri Tito Karnavian menjabarkan bahwa DIY masuk 3 besar daerah dengan pertumbuhan ekonomi tinggi di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
1 November 2021