Ini Kehebatan Kapal Selam Alugoro yang Dipuji Jokowi dan Prabowo

Jokowi dan para menteri di kapal selam Alugoro
Sumber :
  • Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo meninjau galangan kapal perang PT PAL di Jawa Timur untuk melihat kapal selam KRI Alugoro-405, Senin 27 Januari 2020. Galangan kapal ini terletak di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Presiden Joko Widodo melihat langsung kecanggihan kapal selam produk PT PAL, KRI Alugoro. Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Jokowi dan Prabowo tampak berbincang-bincang terkait kapal buatan perusahaan pelat merah itu. Seolah-olah panasnya hawa rival di Pilpres 2019 tak lagi terasa.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Saya kira sebuah kerja sama yang bagus, ada transfer teknologi di dalam pembangunan kapal selam Alugoro kita. Kita harapkan pada suatu titik kita bisa mandiri mengerjakan semuanya oleh anak-anak bangsa sendiri," kata Jokowi

Kapal selam Alugoro ini merupakan kapal selam ketiga dari batch pertama yang merupakan kerja sama pembangunan kapal selam antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME),  perusahaan yang berbasis di Korea Selatan.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Dengan membangun kapal selam Alugoro, Indonesia menjadikan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam dengan predikat zero defect. Kapal selam ini berhasil menyelam hingga kedalaman 250 meter.

Dari informasi Departemen Humas PT PAL Indonesia, Kapal Selam Alugoro memiliki spesifikasi panjang 61,3 meter, kecepatan maksimal saat menyelam 21 knot dan kecepatan maksimal di permukaan 12 knot.

Selain itu, Kapal Selam Alugoro sudah menjalani tahapan Nominal Diving Depth (NDD) di Perairan Utara Pulau Bali. Ini merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) Kapal Selam Alugoro.

"Tahapan NDD ini sangat penting karena setelah tahapan NDD berhasil dilaksanakan dapat disimpulkan 90 persen proses pembangunan kapal selam telah berhasil," kata Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero) Satriyo Bintoro.

Dijelaskan Satriyo, tahapan NDD Kapal Selam Alugoro ditinjau langsung oleh Kadislaikmatal Laksma Rachmad Hartoyo, Project Officer Kemhan Laksma Listiyanto yang didampingi oleh Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh dan Executive Vice President DSME Su Joon Yoo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya