Ini Tiga RS Rujukan Nasional Jika Ada yang Terduga Corona

Menkes Terawan Agus Putranto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebutkan, terdapat tiga rumah sakit (RS) yang menjadi rujukan nasional bila terindikasi terkena virus Corona

Cakupannya Menurun, Kemenkes Imbau Lengkapi Vaksinasi Anak-anak hingga Orang Dewasa

"RS Pusat Infeksi Soeroso, RSPAD Gatot Subroto, dan RS Persahabatan," kata Terawan dalam rapat dengan komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 3 Februari 2020.

Ia juga sedang melakukan pemetaan ulang terhadap RS dianggap siap menangani penyakit infeksi. Sebanyak 100 RS yang menjadi rujukan penderita flu burung pada 2007 akan dicek kembali.

Ruben Onsu Akui Ada Masalah Pada Penglihatan hingga Harus Dipantau Dokter

"Jadi perlu cek dan recheck semuanya. Sudah 82 RS melaporkan data update kesiapsiagaan RS terkait penyakit infeksi emerging," kata Terawan.

Terawan menjelaskan, RS yang dicek ulang kesiapannya akan melakukan pendataan sumber dayanya. Nantinya, RS yang dianggap belum siap, kata Terawan, akan diberikan penguatan agar siap siaga menangani infeksi Corona. 

Ironis! Istri di Ngawi Meninggal Dunia Usai Cabut Gigi Bungsu di Klinik

"Mudah-mudahan tak terpakai. Kemenkes telah menyiagakan RS rujukan penyakit emerging sebagai berikut RS rujukan nasional, RS rujukan provinsi, RS rujukan regional. Diharapkan dapat melakukan upaya kesiapsiagaan, kewaspadaan, dan respons terhadap kemungkinan masuknya penyakit infeksi emerging," kata Terawan.

Ilustrasi bayi

Dokter Peringatkan Bahaya Tindik Anting Pada Bayi Bisa Fatal

Tania menjelaskan, infeksi bisa terjadi pada usia berapa pun. Namun bayi dengan sistem kekebalan yang berkembang paling rentan terkena infeksi ini.

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024