Investigasi Paparan Radioaktif di Serpong Mengarah ke Satu Tersangka

Sebuah rumah warga di kompleks Perumahan Batan Indah, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, yang diduga terdapat sumber paparan radioaktif berdasarkan investigasi Bapeten dan Polri pada Senin, 24 Februari 2020.
Sumber :
  • VIVAnews/Sherly

VIVA – Badan Pengawan Tenaga Nuklir (Bapeten) melaporkan hasil investigasi bersama Polri bahwa paparan radioaktif di kompleks Perumahan Batan Indah, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, mulai mengerucut. Sebab ditemukan diduga sumber radioaktif di salah satu rumah warga di kompleks perumahan itu.

Menlu Iran soal Senjata Pemusnah Massal: Penggunaan Nuklir Hanya untuk Tujuan Damai

Berdasarkan keterangan Kepala Biro Hukum, Kerja Sama dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan, sumber radioaktif itu ditemukan di sebuah rumah warga di Blok A No 22, Perumahan Batan Indah.

“Ditemukan penguasaan terduga beberapa sumber radioaktif atau bagian dari sumber radioaktif secara tidak sah di salah satu rumah warga di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan," kata Indra.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Salah satu temuan itu, katanya, juga merupakan menjadi titik terang atas penemuan limbah radioaktif Caesium-137 (Cs-137) pada akhir Januari 2020 di lahan kosong di bagian depan perumahan Batan Indah. Bapeten berharap, temuan terbaru hasil investigasi bersama Polri itu dapat mengetahui identitas si pembuang limbah Cs-137.

"Dengan adanya hal ini, semoga saja segera kita ketahui pelaku yang tidak bertanggung jawab atas ditemukannya limbah radioaktif Caesium 137," ujarnya.

Terkuak Deretan Negara Ini Ternyata Jadi Penyokong Senjata Canggih ke Israel

Tim gabungan Bapeten dan Polri juga memasang garis batas atau police line untuk kepentingan penyidikan. Polisi memintai keterangan warga pemilik rumah itu. Aparat tidak mengevakuasi warga setempat.

Arsip foto - Petugas PLN melakukan pengecekan terhadap biomassa yang berasal dari serbuk kayu untuk digunakan sebagai substitusi bahan bakar batu bara atau (co-firing) di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya, Cilegon, Banten.

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

BRIN ikut terlibat dalam transisi energi fosil ke energi baru terbarukan di Indonesia melalui studi konversi pembangkit listrik batu bara menjadi nuklir.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024