Larangan Umrah, Maktour: Jemaah Tetap Berangkat Meski Ada Penundaan

Masjidil Haram dan Kabah
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Maktour Tour dan Travel meminta kepada seluruh jemaah umrah di Tanah Air untuk tetap tenang dan bersabar terkait adanya keputusan penghentian sementara jemaah umrah dan kunjungan ke Masjid Nabawi oleh Kerajaan Arab Saudi. Keputusan ini tentu harus disikapi dengan tenang karena bertujuan untuk mencegah penyebaran virus coronan atau Covid-19.

Lowongan Masinis Perempuan di Saudi Dibanjiri 28 Ribu Pelamar

Presiden Direktur PT Maktour, Fuad Hasan Masyhur, mengharapkan masyarakat dan jemaah Maktour untuk tetap tenang. Dia memastikan kalau Maktour akan tetap memberangkatkan jemaah meski nantinya ada penundaan akibat kebijakan penghentian sementara ini.  

"Kami akan tetap memberangkatkan jemaah, meski ada penyesuaian jadwal keberangkatan," katanya.

Sosok Kriangkrai, PRT Sebabkan Sejarah Berdarah Thailand-Arab Saudi

Fuad Hasan Masyhur yang juga Ketua Dewan Pembina Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah (Sathu) menambahkan, seluruh travel penyelenggara harus mengedepankan jemaah. Informasi harus segera disampaikan agar calon jemaah tidak resah.

"Terpenting itu jangan sampai jemaah rugi. Kami tentu akan berkomunikasi dengan Pemerintah Arab Saudi dan juga duta besar. Jangan sampai ada pihak yang memanfaatkan ini. Jemaah harus diutamakan, karena dana yang dihimpun dari jemaah sangat besar," katanya.

Arab Saudi-Thailand Berselisih 30 Tahun karena PRT Pangeran

Menurut Fuad Hasan, terkait dengan keputusan itu, situasi di Kota Mekah saat ini masih berjalan nomral. Dia yang saat dihubungi VIVAnews sedang berada di Masjidil Haram dan menyampaikan, bahwa kondisi saat ini masih berjalan sangat normal. 

"Saya berada di depan pintu King Fahd, semua berjalan normal, sudah melakukan umrah tadi. 
Tidak ada masalah apa-apa. Masyarakat tetap melakukan rutinitas seperti biasa. 8 jam lalu saya tinggalkan Nabawi juga masih normal saja," katanya.

Jemaah haji tahun 2021 mulai melaksanakan tawaf sebagai rangkaian dari haji

Macam-macam Rukun Umrah, Urutan Pelaksanaan hingga Larangan

Sebelum melakukan umrah, jemaah diharuskan mandi, berwudhu, memakai pakaian ihram di mIqat, shalat sunnah ihram 2 rakaat, niat umrah dan membaca Labbaik Allahumma`umratan

img_title
VIVA.co.id
23 Juli 2023