Pulang Umrah, Warga Sumsel Diisolasi karena Suspect Corona

Warga asal Prabumulih Sumatera Selatan diisolasi sepulang umrah
Sumber :
  • VIVAnews/ Sadam Maulana

VIVA – Jemaah umrah asal Prabumulih, Sumatera Selatan, bernisial M (64 tahun), yang baru saja pulang menunaikan ibadah dari Tanah Suci terindikasi virus Corona. Jemaah tersebut saat ini sudah diisolasi dan dievakuasi ke Rumah Sakit Mohamad Hosein (RSMH) Palembang.

4 Manfaat Vaksin Booster COVID-19 yang Wajib Diketahui

M baru saja tiba ke Tanah Air di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, hari ini, Selasa, 3 Maret 2020, sekitar pukul 10.20 WIB. M bersama rombongan jemaah lainnya menuju ke Palembang dengan menumpangi maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT 89 dari Jeddah, Arab Saudi.

Namun, saat dilakukan monitoring kesehatan oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang, M dinilai memenuhi kriteria dengan hasil diagnosa Suspect-Mers- Covid-19. Sehingga harus diisolasi ke RSMH dengan penanganan khusus sekitar pukul 14.10 WIB.

Inggris Laporkan Kasus Deltacron, Bagaimana Tingkat Keparahannya

"Saat pemeriksaan kesehatan, pasien yang bersangkutan tidak memenuhi kriteria, sehingga diambil tindakan antisipasi lebih lanjut," ungkap Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveillance Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang, dr Fenty.

Menurutnya, langkah tersebut merupakan bentuk antisipasi dalam merespon wabah virus Corona yang belakangan waktu terakhir sudah menyebar ke beberapa negara termasuk Indonesia.

Aktivitas Berisiko Tinggi yang Rentan Tertular COVID-19

Sementara itu, Humas RSMH Palembang, Ahmad Suhaimi, membenarkan adanya seorang pasien yang merupakan jemaah umrah dievakuasi ke RSMH Palembang.

Saat ini, pasien tersebut telah ditempatkan di ruang isolasi guna pemeriksaan kesehatan lebih lanjut oleh tim dokter. "Untuk perkembangan lebih lanjut saya belum tahu, dan nanti disampaikan," katanya.
 

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito berbicara dalam forum Global Platform for Disaster Risk Reduction di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Badung, Bali, Jumat, 27 Mei 2022.

Wiku: Potensi Penularan COVID-19 di Tengah Masyarakat Masih Ada

Wiku Adisasmito mengatakan potensi penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 masih ada, meski kondisi testing nasional saat ini cukup memadai.

img_title
VIVA.co.id
27 Mei 2022