Omicron Masuk Indonesia, Jokowi: Memang Tak Terelakkan

Presiden Jokowi, Menlu Retno Marsudi dan Seskab Pramono Anung
Sumber :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo memberikan responsnya terkait virus COVID-19 varian Omicron yang sudah masuk ke Indonesia.  Masuknya Omicron itu ditegaskan sebuah hal yang tidak terelakkan lagi.

Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Makanan Berserat

Jokowi mengatakan, tingkat penularan varian Omicorn yang sangat cepat penyebarannya, memang menjadi salah satu penyebab varian yang ditemukan di Afrika Selatan ini masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, Jokowi meminta agar masyarakat waspada.

"Sebagaimana sudah disampaikan Menteri Kesehatan varian Omicron sudah terdeteksi di wilayah Indonesia ini memang tak terelakkan. Karena salah satu karakter varian ini adalah penularannya sangat cepat," kata Jokowi dalam konferensi persnya, Kamis,16 Desember 2021.

Jokowi: Indonesia Bisa Produksi 1,6 Juta Motor Listrik, tapi Baru 100 Ribu Unit

Virus COVID-19 varian Omicron

Photo :
  • Times of India

Menurut Jokowi, saat ini seluruh lapisan masyarakat dan juga aparat Pemerintah harus bekerjasama agar jangan sampai varian ini menyebar semakin luas. Kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan menjadi sebuah hal yang sangat penting.

Jokowi Beri Sinyal Kelanjutan Insentif Mobil Hybrid

"Sekarang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian Omicron tidak meluas di tanah air. Jangan sampai terjadi penularan lokal kita harus berupaya menjaga situasi di Indonesia tetap baik," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menambahkan, kepada para petugas diharapkan terus memperketat pengawasan, meningkatkan pengetesan dan pelacakan. Jangan sampai kondisi di tanah air yang sudah mulai membaik kembali terjadi lonjakan kasus COVID-19.

"Kita pertahankan jumlah kasus aktif agar tetap rendah tingkat penularan kita awasi agar bertahan di bawah satu. Jangan sampai itu melonjak lagi," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya