Menteri yang Tes Corona di RSPAD, dari Erick Thohir hingga Prabowo

Prabowo Subianto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Sejumlah anggota kabinet pemerintahan Joko Widodo mulai memeriksa kesehatannya untuk memastikan penularan virus corona. Pemeriksaan itu menyusul Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, positif terinfeksi virus, Sabtu kemarin.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Berdasarkan catatan VIVAnews per hari ini, Senin 16 Maret 2020, para menteri yang sudah memeriksa kesehatan kebanyakan mendatangi Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta, mulai kemarin.

Mereka adalah; Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

Kemudian ada Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil, dan Menko Polhukam Mahfud MD.

Belakangan Menteri dalam Negeri Tito Karnavian disebut ikut memeriksa kesehatannya hari Minggu kemarin.

Gerindra Pastikan Prabowo Tak Bicara Kursi Menteri saat Bertemu Surya Paloh

Untuk hari ini, disebut juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Sosial Juliar P. Batubara akan menjalani pemeriksaan atau medical check up di rumah sakit milik tentara tersebut. Jika ditotal sudah ada 16 menteri yang melakukan test kesehatan.

Sekadar diketahui, Budi Karya diidentifikasi sebagai pasien 76 yang positif Covid-19 di Indonesia. Saat ini ia menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto.

Kabar Budi Karya positif terkena virus disampaikan resmi oleh pihak Istana Kepresidenan. Menurut Menteri Sekretatis Negara Pratikno, kepastian tersebut sudah atas izin keluarga Menhub Budi.

"Sekali lagi, ini keterlibatan beliau luar biasa untuk penanganan dampak ini. Saya dapat laporan dari Pak Menkes dan kesehatan beliau semakin membaik, semoga beliau semakin sehat," ujar Pratikno di kantornya, Sabtu 14 Maret 2020.

Sementara itu, Wakil Kepala RSPAD Gatot Subroto, Albertinus Budi Sulistya mengatakan Budi Karya Sumadi atau pasien positif corona nomor urut 76 memang dirawat di RSPAD Gatot Subroto dan sudah dipastikan berdasarkan hasil laboratorium.

Menurut dia, Menhub Budi sempat dirawat di rumah sakit swasta sebelum dibawa ke RSPAD. Sesuai perkembangan, lanjut dia, Budi mengalami sesak napas serta dipasang alat medis agar keadaannya membaik.

"Saat ini kita rawat dan ada perbaikan keadaan beliau. Beliau benar salah satu pejabat yang banyak lakukan kunjungan, termasuk ke lokasi-lokasi vital covid-19," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya