Gempa Magnitudo 5,0 di Papua Dirasakan Seperti Truk Melintas

Ilustrasi gempa
Sumber :
  • VIVA/Ifan Beto

VIVA – Wilayah Kabupaten Boven Digoel Papua, Minggu 22 Maret 2020 sekitar pukul 04.19.40 WIB wilayah Boven diguncang gempa tektonik Magnitudo 5,2. 

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan sesuai hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter awal dengan magnitudo M=5,2 yang kemudian dimutakhirkan menjadi M=5,0.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.52 LS dan 141.35 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 131 km arah Timur Laut Kota Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, Papua pada kedalaman 10 km. 

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata Rahmat, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat aktifvtas zona lipatan dan sesar naik Papua ( Papua Fold and Thrust Belt). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

“Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Boven Digoel III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,”kata Triyono.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga hari Minggu, 22 Maret 2020 pukul 06.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. 

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya