Viral Warga Pendatang Ditolak Masuk Bali Imbas Kebijakan Gubernur

Sejumlah kendaraan keluar dari kapal feri di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Gubernur Bali Wayan Koster meningkatkan status Provinsi Bali dari siaga darurat menjadi tanggap darurat bencana wabah penyakit akibat wabah virus corona. Salah satu kebijakan Koster adalah memperketat lalu lintas orang yang hendak keluar dan masuk Bali.

Kendaraan Tempur Pengawal Para Kepala Negara saat World Water Forum di Bali

Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra menuturkan, berdasarkan kondisi itu Gubernur Bali telah mengirimkan surat kepada Menteri Perhubungan yang berisi tentang penguatan pengawasan pelabuhan akses Provinsi Bali, antara lain Ketapang, Gilimanuk, Padangbai, Pelabuhan Benoa, dan Lombok Barat.

“Yang diperbolehkan untuk masuk hanya kepentingan mendesak seperti angkutan logistik, keperluan penanganan kesehatan, penanganan keamanan dan tugas resmi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” kata Dewa Made Indra dalam keterangan resminya, Senin, 30 Maret 2020.

Timnas Korea Utara Bantai Korea Selatan 7-0 di Bali

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah di Jawa Timur dan NTB yang merupakan tetangga Bali untuk memberlakukan aturan itu dan memperketat arus lalu lintas yang masuk ke Bali. Gubernur Bali sudah berkoordinasi dengan petugas di Pelabuhan Lembar dan Ketapang.

Sejumlah warga pendatang yang hendak masuk ke Bali memang tertahan di Pelabuhan Ketapang. Beberapa video amatir warga menyebut hanya mereka yang memiliki KTP Bali yang diperkenankan memasuki wilayah Bali. Namun, beberapa lama kemudian ASDP mencabut kebijakan itu dan mempersilakan warga pendatang yang tak ber-KTP Bali untuk menyeberang ke Bali.

KPU Prediksi Jumlah Calon Kepala Daerah dari Perseorangan Menurun

Dewa Made Indra menegaskan, tak ada unsur SARA dalam penerapan kebijakan itu. “… pengetatan dan pembatasan arus lalu lintas antar-pulau dan provinsi juga telah dilakukan oleh daerah lain. Maka, hal itu juga dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bali,” katanya.

Mahalini

Ada Unsur 21+, Netizen Salfok Kue Bridal Shower Mahalini Raharja

Kabar bahagia datang dari pasangan Rizky Febian dan Mahalini Raharja yang hari pernikahannya semakin dekat. Pada 5 Mei 2024 lalu, keduanya sudah melangsungkan acara adat.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024