Kenangan Haru Dubes Tantowi Yahya kepada Glenn Fredly

VIVA – Meninggalnya musisi Glenn Fredly membawa kesedihan tersendiri bagi Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya. Ia punya pengalaman tak terlupakan, sebelum Glenn menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu 8 April 2020.

Glenn Fredly dan Erick Tohir Raih Eventori Award 2022

Tantowi mengenang saat berduet dengan Glenn membawakan lagu berjudul Kampung Halaman. Bahkan, video klip lagu itu, kini menjadi kenangan terakhir kebersamaannya dengan musisi asal Ambon itu.

Tantowi yang juga lama malang melintang di dunia entertainment dan tarik suara itu, menceritakan awal mula bekerja sama dengan Glenn tersebut. Bermula pertengahan 2018, Glenn menghubungi dirinya. 

Erick Thohir dan Glenn Fredly Dapat Penghargaan Eventori Award

"Dia barusan bikin lagu mengenai indahnya pulang kampung. Setelah lagu jadi, ada ide untuk menjadikannya sebagai duet. Karena suasana lagu yang 'country' nama yang muncul adalah saya," kata Tantowi dalam kisahnya yang diterima VIVAnews, Kamis 9 April 2020.

Glenn bagi Tantowi bukan orang baru. Dia dan almarhum sudah kenal sejak pertengahan tahun 1990-an. Awalnya, lanjut politisi Partai Golkar itu, diakuinya Glenn sempat sungkan mengajaknya untuk berduet.

Glenn Fredly Raih Lifetime Achievement IMA 2021, Mutia Ayu Nangis

"Terutama setelah saya jadi dubes," lanjutnya.

Tetapi, karena Glenn memang ingin berduet dengannya, maka Glenn bertekad untuk mengontak langsung Tantowi dan mengajak duet dalam lagu Pulang Kampung tersebut.

"Saya sendiri kaget campur terharu Glenn mau duet dengan saya. Bagi saya sih ini berkah, hehe. Enggak tahu bagi dia," kata Tantowi.

Setelah permintaan Glenn itu, akhirnya Tantowi menyanggupi. Ia kemudian ke Jakarta dari Selandia Baru. Sesampai di Ibukota, ia lantas menghubungi Glenn dalam rangka persiapan duet itu.

Tantowi mempelajari terlebih dahulu lagu itu. Beberapa kali dicoba, hingga akhirnya rekaman itu dibuat dan menurutnya cukup indah. Tanpa disadarinya, Tantowi mengaku ternyata suaranya bisa masuk ke dalam suara indah Glenn.

Lagu Pulang Kampung yang dibuat Glenn itu, menurutnya punya harmoni yang terlihat di dalam bagian-bagian dari lagu itu. Bahkan, ada rencana, untuk menggelar konser dan menyanyikan lagu tersebut.

"Ada keinginan Glenn sebagaimana yang ia sampaikan awal tahun kemarin untuk undang saya sebagai bintang tamu di konsernya dan nyanyi lagu itu," kata Tantowi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya