Tiba dari Malaysia, 513 TKI Jalani Rapid Test Covid-19 di Kualanamu

VIVA – Sekitar 513 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dipulangkan dari Malaysia secara bertahap, telah tiba di Bandara Kualanamu Internasional Airport Kabupaten Deli Serdang. Mereka langsung menjalani pemeriksaan rapid test Covid-19 oleh Dinas Kesehatan Sumatera Utara dan pihak terkait.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Ratusan TKI dipulangkan dalam empat gelombang, yakni ?gelombang pertama berjumlah 134 orang, mereka dikarantina di Taman Cadika Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sedangkan gelombang kedua berjumlah 135 orang, gelombang ketiga 120 orang dan gelombang keempat 124 orang ditampung sementara di eks Bandara Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara yang sekarang menjadi Lanud Soewondo.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

"TKI gelombang kedua hingga keempat ini dikarantina di Lanud Soewondo, Medan," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara Mayor Kes dr Whiko Irwan di Lanud Soewondo kepada wartawan, Jumat, 10 April 2020.

Whiko menambahkan bahwa untuk gelombang pertama sudah dijemput 41 orang oleh Pemerintah di luar Sumut dan sisanya ada 94 orang. Mereka tengah menjalani karantina di Lapangan Cadika, Kabupaten Deli Serdang.

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

"Sementara gelombang ketiga ada 20 orang yang sudah dijemput. Kemudian yang sore ini ada datang 124 orang. Jadi, totalnya yang ada di Lanud Soewondo sebanyak 318 orang," kata Whiko.

Whiko menjelaskan, seluruh TKI tersebut, dilakukan pemeriksaan secara ketat oleh tim medis Dinkes Sumut dan pihak terkait. Kemudian dilakukan rapid test Covid-19 dan hasilnya negatif.

"Seluruh TKI yang kita identifikasi ada keluhan sakit, demam, seperti batuk, bahkan ada juga yang batuk darah. Namun, semua kita wawancara oleh tim kesehatan di Kualanamu dan dilakukan rapid test, hasilnya negatif," kata Whiko.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya