Bandel Angkut Penumpang, Bus asal Zona Merah Corona Disuruh Balik

VIVA – Nekat mengangkut penumpang di tengah larangan mudik, bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dengan tulisan jurusan Merak-Jakarta di kaca depan dan belakang, disuruh putar balik ke daerah asalnya. Bus itu terjaring razia penyekatan di check point Gerem bawah, Kota Cilegon, Banten, oleh polisi.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

"Ada tiga bus, tulisan di kacanya jurusan Merak-Jakarta kita suruh kembali lagi ke Jakarta sebelum sampai ke Terminal Merak," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cilegon AKP Ali Rahman ditemui di pos check point, Minggu malam, 26 April 2020.

Bus itu sempat berdalih berasal dari Kota Serang, namun berbeda dengan tulisan di kaca bagian depan dan belakang bus, yang tertera jurusan Merak-Jakarta. Maka polisi berasumsi bus itu mengangkut penumpng dari zona merah DKI Jakarta yang sedang melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Tindakan polisi untuk menyuruh bus itu putar balik karena sesuai perintah Presiden bahwa penyebaran Covid-19 harus dihentikan. Terutama arus lalu lintas dan mobilitas masyarakat harus dibatasi.

"Tulisannya jelas di kaca, jurusan Merak-Jakarta, bus AKAP. Kemungkinan besar bus itu kucing-kucingan sampai bisa lolos. Karena ada penjagaan atau check point dan bis tidak boleh beroperasi di Jakarta," ujarnya.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Berdasarkan data dari Satlantas Polres Cilegon, kendaraan pemudik yang disuruh putar balik menurun. Pada Sabtu, 25 April, berjumlah 87 unit kendaraan sepeda motor dan mobil. Pada Minggu, 26 April, menjadi 31 kendaraan yang disuruh kembali ke daerah asal keberangkatan mereka.

Mereka disuruh putar balik atau kembali ke daerah keberangkatan untuk mempersempit proses mobilisasi masyarakat antardaerah, terutama yang masuk ke dalam zona merah Covid-19.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Polisi berhasil menemukan sejumlah barang bukti dalam dugaan kasus polisi tewas dari Satlantas Polresta Manado, Sulawesi Utara Brigadir Ridhal Ali Tomi (RAT).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024