Anies Akui Frustrasi Lihat Cara Kemenkes Tangani Wabah Corona

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui bahwa ia merasa frustrasi dengan cara yang diambil Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menangani wabah corona, utamanya yang terjadi di Ibu Kota. 

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, rasa frustrasi itu dikarenakan pendekatan berbeda yang diambil oleh kementerian yang dipimpin Terawan Agus Putranto itu.

"Hubungan kami dengan Kementerian Kesehatan, yang lebih membuat frustrasi," ujar Anies, dikutip dari wawancaranya dengan media Australia, seperti diunggah di YouTube Pemprov DKI pada Senin, 11 Mei 2020.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Anies menyampaikan, di awal wabah terjadi, wewenang pengetesan corona, ada di Kemenkes. DKI mengirim sampel pasien yang diduga dijangkiti corona, namun bingung ketika Kemenkes menyatakan tidak ada satu pun pasien yang positif.

"Di akhir Februari itu kami bertanya-tanya, mengapa semuanya negatif?," ujar Anies.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Anies juga mengemukakan, DKI, berinisiatif mengumumkan ada wabah yang sedang terjadi, namun sekadar menunjukkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) saja. Anies menilai ada perbedaan pandangan dari Kemenkes yang tidak ingin menciptakan suasana panik di masyarakat.

"Padahal dari sisi kami, pemerintah itu seharusnya responsif, memberi informasi ke masyarakat, memberi peringatan. Pendekatan kami selalu tentang transparansi, dan Kemenkes tidak memiliki pandangan yang sama. Di situlah terjadi ketegangannya," ujar Anies.

Anies Baswedan saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Partai Nasdem, akan memprioritaskan Anies Baswedan jika dia bersedia maju di Pilkada Jakarta, yang akan digelar November 2024. Setelah Anies, ada nama Ahmad Sahroni juga.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024