Jalan Berliku Gibran Rakabuming untuk Sowan ke 'Sang Rival'

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo
Sumber :

VIVA – Rencana Gibran Rakabuming Raka untuk bertemu Achmad Purnomo, yang merupakan rivalnya sebagai bakal calon Wali Kota Solo lewat dukungan PDIP, belum bisa segera terwujud. Tak patah semangat, putra sulung Presiden Jokowi itu akan tetap menunggu kesempatan untuk bisa bertemu dengan Purnomo.

Kaesang hingga Putri Akbar Tandjung Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo Pengganti Gibran

Usai menerima hasil rekomendasi dari PDIP sebagai calon wali kota di Semarang, Gibran bersama dengan pasangannya Teguh Prakosa dan Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo sempat merencanakan untuk mampir silaturahmi ke kediaman Purnomo.

Hanya saja, sang tuan rumah yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo itu beralasan sedang pergi ke Yogyakarta. Alhasil, pertemuan untuk meredam situasi tersebut pun gagal.

Diah Warih Ngobrol Akrab dengan Jokowi di Istana, Minta Restu Maju Pilkada Solo?

Lantas, saat ditemui usai rapat konsolidasi dengan pengurus dewan pimpinan cabang dan pengurus anak cabang PDIP Solo, Gibran kembali mengutarakan niatnya untuk bisa bertemu Purnomo. 

Teguh Prakosa, Gibran Rakabuming dan FX Hadi Rudyatmo

Bukan Cagub atau Cawapres, Gibran Disarankan Matang Dulu Jadi Walkot Solo 2 Periode

"Belum ada komunikasi dengan Pak Pur, katanya masih di luar kota," kata Gibran di Kantor DPC PDIP Solo, Minggu sore, 19 Juli 2020.

Baca juga: Soal Penumpang Wajib Berpakaian Lengan Panjang, KCI Masih Sosialiasi

Kemudian, bos Markobar itu pun mengungkapkan nantinya jika yang bersangkutan sudah pulang ke Solo dan bersedia untuk ditemui, dirinya pun akan segera merapat untuk bersilaturahmi. 

"Nanti kalau Pak Pur sudah d Solo, kita segera sowan," kata dia.

Sementara itu Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo memaklumi sikap Achmad Purnomo yang sempat menolak bertemu dengan Gibran. Baginya sikap tersebut manusiawi lantaran masih kecewa tidak dicalonkan oleh DPP PDIP untuk menjadi calon Wali Kota Solo.

"Dengan saya tidak ada persoalan tetapi hati itu enggak bisa diingkari. Itu manusiawi, kecewa beliau tidak dicalonkan karena rekomendasi jatuh ke Mas Gibran," tuturnya.

Seperti diketahui awalnya Achmad Purnomo merupakan bakal calon wali kota yang diusung oleh DPC PDIP Solo berpasangan dengan Teguh. Setelah itu muncul nama Gibran yang juga mendaftar sebagai bakal calon wali kota melalui DPD PDIP Jawa Tengah.

Namun akhirnya rekomendasi DPP PDIP turun kepada Gibran yang dipasangkan dengan Teguh. Tak pelak, niat Purnomo yang saat ini menjabat Wakil Wali Kota Solo untuk maju sebagai calon wali kota gagal di tengah jalan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya