STPI Curug Tak Buka Sekolah Pilot Tahun Ini, Banyak yang Nganggur

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara, Heri Sudarmadji
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau STPI Curug, Tangerang, memutuskan pada 2020 tidak membuka pendidikan pilot.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Keputusan itu diambil berdasarkan data masih banyak pilot di sekolah tersebut yang belum terserap atau belum mendapatkan pekerjaan.

"Kurang lebih ada 300 orang yang belum terserap. Jadi kami putuskan tahun 2020, STPI Curug tidak mendidik pilot, kami setop dulu, hanya Banyuwangi saja yang buka pendidikan pilot dan itu pun tidak banyak," kata Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara, Heri Sudarmadji dalam acara Focus Group Discussion, Kamis, 13 Agustus 2020.

Ekonom Senior Ingatkan Presiden Terpilih soal Perang Iran-Israel Bisa Bikin Ekonomi RI Berantakan

Saat ini, pihaknya tengah fokus mencari solusi untuk menyerap ratusan pilot yang belum mendapatkan pekerjaan itu. Salah satunya dengan cara bekerja sama dengan TNI-Polri.

"Kami sedang upaya untuk mengurangi pengangguran di pilot. Salah satunya melakukan kerja sama dengan TNI-Polri, di mana tenaga pilot kita bisa terserap menjadi pilot di dua instansi tersebut," ujarnya.

Pernah Disandera, Meutya Hafid Ungkap Titik Terang Pilot Susi Air Ditawan KKB

Lalu, pihaknya juga akan mendorong agar profesi pilot bisa masuk ke dalam birokrasi. Dalam hal ini, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendapatkan legalitas pendidikan secara formal.

"Kami juga sedang upaya, para pilot ini tidak hanya jadi pilot saja, tapi bisa jadi pegawai negeri. Nah, di sini, kami tengah melakukan koordinasi, supaya mereka tidak cuma dapat sertifikat profesi saja, tapi juga pendidikan formal," ungkapnya. (art)

Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Sebuah video viral menampilkan momen romantis seorang pilot yang secara tiba-tiba melamar kekasihnya, seorang pramugari di maskapai penerbangan. Begini kisah romantisnya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024