Bengkulu Diguncang Gempa M 6,9 dan 6,8, Getaran Kedua Lebih Terasa

Ilustrasi gempa
Sumber :
  • VIVA/Ifan Beto

VIVA – Gempa bumi magnitudo 6,9 dan 6,8 mengguncang wilayah Bengkulu pagi ini, 19 Agustus 2020 pada pukul 5.23 WIB dan 5.29 WIB. Meski begitu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018

Warganet tampak mulai panik, karena gempa ini cukup besar. Khususnya gempa kedua yang episenternya semakin dekat ke darat, sehingga lebih terasa.

"Betul sekali, gempanya dua kali M6,9 dan M6,8. Meskipun lebih kecil dari gempa pertama, gempa kedua kemungkinan lebih berasa karena episenternya lebih dekat ke darat," tulis BMKG di laman Twitter resmi.

Top Trending: Kiai Rela Serahkan Istrinya ke Oknum Habib Hingga Patung Liberty Berguncang

Baca juga: Gempa Magnitudo 6,9 Guncang Bengkulu, Waspada Susulan

Gempa pertama yang berkekuatan magnitudo 6,9, pusatnya berada di laut, yaitu 169 km barat daya Bengkulu dengan kedalaman 10 km. Gempa ini dirasakan dengan skala MMI sebagai berikut: IV Bengkulu, IV Bengkulu Utara, IV Mukomuko, IV Seluma, IV Kepahiang, III Bengkulu Selatan, III Kaur, III Curup, III Lebong, II-III Lubuk Linggau.

Geger Video Patung Liberty Berguncang Akibat Gempa, Sehari Setelah Petir Menyambar Obornya

Sedangkan, pusat gempa kedua dengan magnitudo 6,8 berada di laut 78 km Barat Daya Bengkulu Utara dengan kedalaman 11 km. Gempa ini dirasakan dengan skala MMI sebagai berikut: IV Kepahiang, II Liwa. Dari laporan warganet menyebut bahwa gempa kedua memang lebih terasa dan lebih lama.

Warganet pun ikut berkomentar dan mengaku merasakan gempa tersebut. Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa.

"Pantes td sholat subuh goyang, kirain kepala pusing trnyata emang gempa bnrn," ujar @tiara. 

"2 kali, beda jarak dan beda waktu. Yg pertama 6.9 Kedua 6.8," ujar @Timur Ahadi.

"Semoga keadaan tetap baik-baik saja," ujar @weddie menimpali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya