Menteri Berfoto Tanpa Masker, Begini Penjelasan Kemenko Perekonomian

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) saat Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) Bidang Perekonomian di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (21/8/2020).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA – Beberapa foto beredar luas di dunia maya. Menjadi heboh, lantaran yang berfoto adalah sejumlah menteri, termasuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, yang tidak menggunakan masker. 

Wacana Prabowo Tambah Kementerian, Ketum Projo: Pokoknya yang Terbaik untuk Bangsa, Kita Dukung

Sontak foto-foto itu dianggap tidak etis. Sebab di masa pandemi COVID-19 saat ini, penggunaan masker sudah diwajibkan. Juga harus menjaga jarak. Sementara di beberapa foto itu terlihat kerumunan tanpa jaga jarak.

Jokowi Bilang Begini soal Rencana Prabowo Tambah Kementerian

Kemenko Perekonomian yang menjadi tuan rumah acara dalam foto itu, memberi penjelasan. Acara tersebut adalah Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) yang digelar di Bali, 21-22 Agustus 2020.

Finalisasi Struktur Kabinet Prabowo-Gibran Masih Jauh

Para menteri yang hadir yakni Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Pertanian, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Koperasi dan UKM, dan Wakil Menteri BUMN I. 

Sementara sejumlah menteri hanya melalui video conference yakni Menteri Keuangan, Menteri PPN/ Bappenas, Menteri PUPR, Menteri Perhubungan, Menteri LHK.

Baca juga: Jokowi Tegur Menteri Gara-gara Urusan Promosi Masker

Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam keterangan persnya menjelaskan, RKTM tersebut sebenarnya menerapkan protokol yang sangat ketat. Seperti pelaksana acara wajib swab tes sebelum ke tempat acara, lalu pengaturan tempat duduk yang menjaga jarak, serta penggunaan masker yang wajib dan hand sanitizer.

Begitu juga dengan peserta rapat. Sebelum terbang ke Bali, harus ada hasil swab yang diterima sehari sebelum acara berlangsung. Dia juga menjelaskan, acara tersebut juga diliput oleh media baik nasional maupun lokal.

"Sehingga seluruh media bisa menyaksikan sendiri secara
langsung bahwa dalam keseluruhan pelaksanaan acara, selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat, tanpa mengurangi efektifitas acara," katanya.

Ditunjukkan juga beberapa foto, seperti saat menyampaikan keterangan pers dimana para menteri mengenakan masker. Begitu juga ruang acara, dimana para peserta diatur jarak duduknya sebagai langkah social distancing.

Beberapa foto yang membuat heboh, adalah seperti yang diunggah dalam akun instagram Menko Perekonomian Arilangga Hartarto, @airlanggahartarto_official yang dilakukan outdoor. Dimana para menteri, tidak mengenakan masker.

Susiwijono mengatakan, bahwa sesi foto tersebut ada beberapa kali. Ada yang mengenakan masker, dan ada juga yang tidak mengenakan masker.

"Adapun terkait foto yang beredar di media sosial, dapat dijelaskan bahwa foto tersebut diambil saat diadakan sesi foto bersama para menteri dan peserta rapat lainnya. Sesi foto bersama dilaksanakan di suasana alam terbuka (outdoor), di bawah terik matahari, dan dilaksanakan dalam dua skema, menggunakan masker dan melepas masker (setelah sesi foto masker langsung digunakan kembali). Terima kasih," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya