HUT ke-72, Ini Deretan Prestasi dan Pengabdian Polwan Indonesia

(Ilustrasi) Para Polwan di Lingkungan Polri
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Polisi Wanita (Polwan) Polri memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72, hari ini, 1 September 2020. Peran dari Srikandi di Korps Bhayangkara dewasa ini cukup berperan untuk masyarakat, bangsa dan negara Indonesia. 

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Tak sedikit capaian dan prestasi yang ditorehkan oleh Polwan baik di dalam maupun luar negeri. Bahkan, sosok ibu di lingkaran Polri pun kini banyak yang menempati posisi-posisi strategis. 

Pada HUT ke-72 Polwan ini, VIVA coba merangkum beberapa Polwan yang tercatat telah memberikan sumbangsih yang besar bagi masyarakat dan negara. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Semisalnya seperti yang dilakukan oleh Penyidik PPA Satreskrim Polres Jayapura, Polda Papua, Bripka Silvi Selviana Sokoy. Dalam kesehariannya, ia berperan aktif membangun anak-anak untuk menuntut ilmu. 

Bahkan, Bripka Silvi juga gencar menyosialisasikan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Apalagi, di wilayah itu kasus hukum kekerasan itu cukup tinggi. 

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Bripka Silvi hanyalah satu dari banyaknya Polwan yang bekerja dengan segenap hati demi menjaga kondusivitas sosial masyarakat serta memberikan kontribusi untuk NKRI.

Baca juga: Cerita Iptu Ayu Bagi Waktu Jadi Ibu Rumah Tangga dan Tangkap Penjahat

Hal serupa juga dilakukan oleh Satreskrim Polres Kaimana, Polda Papua Barat Brigpol Agustina Yuliana Done yang tekun melatih pencak silat hingga mencapai prestasi yang membanggakan. 

Lalu, Kapolres Sukabumi Kota Polda Jawa Barat AKBP Sumarni yang bertekad membangun sumber daya masyarakat Sukabumi Kota menjadi sumber daya yang tangguh dan unggul. Ia juga membuat pelatihan entrepreneurship dengan rumah kreatif milenialnya dan telah mencapai hasil yang maksimal. 

Polwan berprestasi selanjutnya adalah, Bhabinkamtibmas Polsek Cibereum Polres Sukabumi Kota Bripka Farida Nursanti Anggraeni. Ibu dari dua orang anak ini melangkah memenuhi panggilan hati berinisiatif mendirikan zona ketahanan pangan melalui tanaman. 

Kemudian, ada Slog Mabes Polri AKBP Murniatun Utam yang turut berperan aktif dalam mempertahankan opini WTP Polri selama lima tahun berturut-turut.

Selanjutnya adalah, tim pemulasaran COVID-19 wanita, yakni, Bripka Rina Amran Marala BA Negosiator Ditsamapta Polda Metro Jaya, Bripda Debi Angel Kristiani Tarigan, dan Bripda Khalda Indiani Sukarman. 

Dalam hal ini, kekhawatiran terpapar risiko COVID-19 terkalahkan oleh panggilan hati mereka untuk membantu keluarga korban dan serta mengabdi kepada masyarakat sepenuh jiwa. 

Bhabinkamtibmas Polsek Katobu Polres Muna Sultra Briptu Titin Sri Lestari juga membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara gratis. 

Kemudian, Kapolres Tegal Kota Jateng AKBP Rita Wulandari, dalam hal ini berkat kinerjanya, Ia mendapatkan penghargaan International Association Human Police Prevention

Staf SDM Mabes Polri Briptu Inry Rohany Sumajow berpretasi dalam seni bermusik. Bhabinkamtibmas Polsek Padang Utara Aiptu Yanti Delfina menyelesaikan permasalahan antara ojek online dan warga yang resah.

Bhabinkamtibmas Polsek Lubuk Kilangan Bripka Firma Deri melakukan pembagian bantuan COVID-19 ke warga Kelurahan Padang Besi. Bhabinkamtibmas Nagari Padang Laweh Selatan Polsek Koto VII Polres Sijunjung Briptu Ilda Hayati aktif memberikan pembelajaran mengaji kepada pemuda-pemudi binaannya.

Selanjutnya, Bhabinkamtibmas Nagari Padang Laweh Selatan Polsek Koto Polres Sijunjung Briptu Tari Likista aktif memberikan penyuluhan bahaya narkoba ke masyarakat. 

Dengan adanya deretan Polwan berpretasi tersebut, Kapolri Jenderal Idham Azis berharap para Srikandi Korps Bhayangkara itu terus melakukan kerja-kerja yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa. 

"Saya Jenderal Idham Azis mengucapkan selamat hari jadi ke-72 Polisi Wanita Republik Indonesia. Semoga Polwan RI terus mampu menjadi srikandi-srikandi tangguh yang selalu berikan kontribusi terbaik bagi organisasi Polri serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Dirgahayu Esthi Bhakti Warapsari," kata Idham. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya