Naik Becak ke KPU, Cucu Pendiri NU Tantang Petahana di Pilkada Malang

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang Lathifah-Didik Budi daftar ke KPU
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Cucu pendiri Nahdlatul Ulama, Bisyri Syansuri yakni, Lathifah Shohib resmi berkontestasi di pemilihan kepala daerah Kabupaten Malang, dengan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Jumat, 4 September 2020. Dia maju didampingi Didik Budi Muljono sebagai calon wakil bupati. 

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Baca Juga: Jenderal Gatot Nurmantyo hingga Din Syamsuddin Jadi Presidium KAMI

Paslon Lathifah-Didik Budi (Ladub), mereka diusung oleh PKB dan didukung Partai Hanura, mereka berangkat ke kantor KPU Kabupaten Malang dengan naik becak. Mereka diantar sekitar 40 tukang becak dalam proses pendaftaran kali ini. Dipilihnya, tukang becak karena mereka dianggap paling terdampak pandemi COVID-19. 

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

"Kita naik becak karena becak sangat berdampak pada pandemi, untuk itulah kita menggunakan becak. Mereka sangat senang saat kita ajak dan ini bukti bahwa kita peduli dengan rakyat," kata Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, Ali Ahmad. 

Ali Ahmad mengatakan, bahwa paslon Lathifah-Didik Budi telah direstui oleh para ulama. Bahkan, sebelum berangkat paslon ini terlebih dahulu dilepas dengan khotmil quran bil ghoib atau menghatamkan Al-quran di PWNU Jatim. Bahkan ketua PWNU Kiai Haji Marzuki Mustamar meminta ke seluruh warga nahdliyin untuk memenangkan Lathifah-Didik Budi. 

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

"Secara kultural kiai NU mendukung paslon ini. Kita lakukan khotmil quran bil ghoib sebelum berangkat pesan dari Kiai Marzuki adalah jangan lihat siapa-siapa lihatlah bahwa Bu Nyai Latihfah cucu dari Kiai Bisyri Syansuri, cucu pendiri NU, insya Allah rahmatan lil alamin," ujar Ali Ahmad. 

Ali Ahmad mengatakan, paslon perempuan dan laki-laki yang mereka usung dianggap sebagai pasangan yang saling melengkapi. Target dari PKB jagoan mereka unggul 10 persen dari paslon lain di Pilkada Kabupaten Malang 2020. 

Lathifah Shohib merupakan anggota DPR RI Komisi X sementara Didik Budi Muljono mantan Seketaris Daerah Kabupaten Malang dengan koalisi Malang Bangkit. Mereka akan menantang petahana dari koalisi Malang Makmur yakni M Sanusi-Didik Gatot Subroto yang diusung PDIP, dan didukung oleh Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Nasdem, PPP dan Partai Demokrat. 

"Alhamdulillah proses pendaftaran sudah selesai. Selanjutnya kami menunggu tahapan berikutnya. Lain waktu kita bisa bertemu kembali untuk menyampaikan visi misi dari koalisi Malang Bangkit," tutur Lathifah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya